Saturday, January 18, 2014

ULASAN : JACK RYAN " SHADOW RECRUIT "



Untuk kesekian kalinya Hollywood kembali me-reboot satu karakter yang sudah mempunyai fanbase yang cukup besar yaitu Jack Ryan, yaitu karakter fiksi dari novel hasil ciptaan Alm. Tom Clancy yang  meninggal 1 Oktober 2013. Alec Baldwin ( The Hunt For Red October ), Harrison Ford ( Patriot Games, Clear and Present Danger ), lalu Ben Affleck ( The Sum Of All Fears ) dan sekarang tongkat estafet karakter Jack Ryan dipegang oleh Chris Pine. Dan akhirnya tersajilah dan dimulainya kembali sebuah franchise dengan genre action-thiller  untuk generasi saat ini yang tentunya bukan tanpa alasan studio memasang Chris Pine sebagai aktor utamanya.



Film ini sendiri sudah mulai terdengar sejak tahun 2008, yang awalnya Sam Raimi didapuk sebagai sutradara, tetapi sayang gagal. Lalu di bulan Oktober tahun 2009 pihak Paramount menawari kesepakatan dengan Chris Pine untuk memainkan karakter Jack Ryan yang disetujui oleh Pine sendiri. Setahun kemudian sutradara Jack Bender, sutaradara yang lebih banyak berkecimpung menyutaradarai serial tv ditunjuk untuk menyutardarai fillm reboot ini, tapi sayang setelah terjadi pengunduran jadwal syuting, Jack Bender pun juga mundur dari kursi sutaradara dan pihak Paramount langsung menunjuk Kenneth Branagh untuk mengisi pos yang ditinggalakn Jack Bender.



Perlu diketahui, meskipun film ini diangkat dari karakter Jack Ryan ciptaan Tom Clancy, filmnya sendiri tidak mengadaptasi dari salah satu novel beliau, melainkan hasil kreasi penulis skenario Hossein Amini. Cerita bermulai di tahun 2001 saat Jack Ryan dimasa kuliah dan melihat kejadian 11 September, tergerak oleh musibah yang dialami negaranya, Jack memutuskan bergabung dengan militer. Karena aksi heroiknya pada salah masa tugasnya, yang hampir merenggut nyawa Jack sendiri, telah menarik perhatian salah satu agen senior CIA William Harper ( Kevin Cotsner ) dan menawari Jack untuk bergabung pada CIA.



Berselang satu dekade kemudian, Jack Ryan yang sudah resmi menjadi agen CIA dan menyamarkan identitas aslinya pada kalayak ramai dengan bekerja di bursa saham, termasuk kepada Catthy Muller ( Keira Knightyley ) kekasihnya sendiri, menemukan sebuah fakta adanya plot konspirasi yang ingin membuat rantai ekonomi negaranya runtuh dan kolaps yang didalangi oleh Rusia. Dan akhirnya Jack sendiri dikirim ke Rusia untuk menyelidiki lebih detail tentang kecurigaanya dan siapa orang dibalik konsprasi ini dan membawanya pada pengusaha yang dia curigai Viktor Cherevin ( Kenneth Branagh ).




Untuk rebootnya ini sendiri kali ini disutradarai oleh Kenneth Branagh ( Thor, Hamlet ) yang sekaligus menjadi aktor di film ini, dan hasilnya film yang naskahnya dikerjakan oleh Adam Cozad dan David Koepp ini menjadi film yang sangat menarik dibulan awal tahun ini. Dibawa dengan tone yang membuat penonton menahan nafas selama Jack Ryan menjalankan misinya dan kita bisa melihat bagaimana masih hijaunya Jack Ryan dalam menjalankan misi pertamanya dilapangan yang belum pernah ditampilkan 4 film sebelumnya.



Untuk penampilan para cast yang tampil pada film ini sendiri sudah cukup memuaskan, jika reboot ini berhasil, Chris Pine masih layak diberi kesempatan untuk mengisi pos Jack Ryan walaupun masih belum bisa menyamai Harrison Ford ketika memerankan karakter ini. Lalu Keira Knightley yang juga memberikan kontribusi yang mencukupi, lalu 2 karakter lainnya yang lebih menarik perhatian saya. Yang pertama adalah Viktor yang dimainkan Branagh yang menurut saya sebelum menonton karakternya sebagai orang Rusia terlalu dipaksakan karena Branagh sendiri berasal dari Inggris, dan pendapat saya berubah setelah menonton dan Branagh sepertinya sudah tahu sangat persis jika dia tercipa untuk karakter Viktor. Dan yang kedua penampilan Kevin Cotsner sebagai William Harper mentor dari Jack Ryan.



Secara keseluruhan reboot ini sudah berhasil memberikan tontonan yang menarik, dan potensi sequel diproduksi juga tinggal menunggu waktu jika diminggu pertamanya ditangga box office mendapat respon positif dari penonton. Sekali lagi Kenneth Branagh sudah melakukan tugasnya dengan baik. Jadi sekali lagi, apakah harus ada sequel ? yes...,please..!!!


Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar