Friday, March 29, 2013

7 FAKTA UNIK DIBALIK PEMBUATAN OZ THE GREAT AND POWERFULL


Siapa yang tidak mengenal penyihir Oz, tokoh yang sering menghiasi layar kaca diawal tahun 90-an pada saat itu sering tayang di stasiun Rajawali Citra Televisi dan tak lupa juga lagu yang begitu ikonik Somewhere over the rainbow. Membangkitkan kembali masa kecil kita, pihak Disney menghadirkan kembali ditangan sutradara Sam Raimi.

Berikut fun fact membangkitkan kembali penyihir dari tanah Oz ke bioskop.

Re-imagining. Sebuah novel anak yang ditulis oleh L. Frank Baum pada tahun 1900 ini, berkali-kali diadaptasi dari seni pertunjukan hingga sebuah film, tapi belum pernah satu kisahpun yang menceritakan latarbelakang penyihir Oz yang Agung dan Sakti. Hingga sebuah prekuel sinematik Disney dan Sam Raimi menawarkan keunikan sebuah kisah ini. Memang ada beberapa karakter di Oz The Graet dan Powerfull yang akrab dikenal pada novel The wonderfull Wizard of Oz telah dikonsep ulang seperti karakter Gadis China dan Quadlings.

 Jalan Bata Kuning. Adalah designer Robert Stromberg, yang mendesign kurang lebih 20 set. Selain membangun Jalan Bata Kuning ke kota Emerald, Robert jugalah yang mendekorasi ruangan istana dan menata hutan Whimsie, hutan dimana Theodora dan Oz bertemu. Tidak hanya itu mengatur kota porselin juga ditangani oleh pemenang penghargaan Oscar ini seihingga membuat penonton mangap.

Trik Sulap. Kalo soal akting James Franco tidak usah diragukan lagi, tapi bagaimana dengan adegan trik sulap yang harus terlihat profesional? James Franco setidaknya selama duan minggu harus belajar trik sulap bukan dengan Pak Tarno, tapi dari pesulap Las Vegas Lance Burton agar trik menarik benda-benda dari topi dapat berhasil dan juga agar burung yang disimpan dalam baju tidak mati seperti pada adegan film The Prestige.

Kostum. Ada sekitar 1500 baju yang dijahit untuk para si kecil Munchkin hingga si jangkung Winkie dalam waktu 23 minggu. Dan ada sekitar 200 lebih baju khusus utuk karakter utama Oz, Theodora, Glinda and Evanora.

Koin emas. Ada lebih dari 3.000 alat peraga yang digunakan dalam Oz The Great dan Powerful, 1400 diantaranya diproduksi khusus untuk film ini. Ini tidak termasuk 5000 koin emas yang dibuat khusus untuk mengisi peti harta karun Oz. Sisi dari koin yang dibuat bergambar Jalan Bata Kuning dan di sisi lain ada gambar penulis L. Frank Baum.

Hutan Terlarang. Dan Gillooly terinspirasi dari sebua kebun buah persik dipinggiran kota Detroit yang terlihat sudah mati untuk menghidupkan kembali Hutan Terlarang di negeri Oz.

Bagaimana dengan fun fact-nya? Oz the Great and Powerfull udah tayang sejak 8 Maret 2013 lalu diseluruh dunia termasuk Indonesia. Selamat menonton ya!

Subscribe to this Blog via Email :