Friday, October 11, 2013

ULASAN CAPTAIN PHILLIPS

Captain Phillips, sebuah film karya sutradara tangkas Paul Greengrass yang memasang aktor kawakan Tom Hanks sebagai pemeran utama. Sebelum membahas lebih lanjut soal filmnya, perlu diketahui dulu, kisah yang diangkat dalam film ini merupakan sebuah kejadian nyata, mengenai tragedi pembajakan sebuah kapal kontainer oleh perompak Somalia, berikut aksi penyelamatan oleh aparat keamanan laut pada tahun 2009 lalu. Jika kalian termasuk yang aware terhadap perkembangan berita di dunia internasional, mungkin sudah lebih akrab dengan lingkup yang dikemas oleh film ini.


Sedikit informasi saja, perompak Somalia mulai muncul sejak terjadinya perang saudara pada tahun 1991 di negara yang merupakan salah satu yang termiskin di dunia tersebut. Adapun wilayah  aksi meraka berada di perairan yang meliputi kawasan Samudra Hindia di lepas pantai timur Somalia, Laut Arab, dan Teluk Aden. Kawasan ini merupakan salah satu jalur utama pelayaran antar benua yang paling sibuk, dan tentu ini menjadi ladang perompakan yang empuk. Kapal-kapal yang melewati perairan ini, baik itu bermanuatan barang atau penumpang, menjadi was was dan harus bersiaga karena para perompak ini membajak kapal tanpa pandang bulu. Meskipun sudah dijalin kerja sama internasional dalam menjaga keamanan di kawasan namun aksi perompakan masih marak terjadi. Indonesiapun pernah mengeyam sial ketika pelaut kita melintasi perairan ini. Seperti Kapal MV Sinar Kudus yang pada 2011 lalu diserang para perompak dan seluruh awak kapal disandera hingga puluhan hari --seluruh awak kini selamat setelah ditukar dengan uang tebusan. Persis seperti pengakuan para korban selamat yang terjadi di dunia nyata, gejolak emosi dan drama yang meletup selama penyerangan hingga penyelamatan semua terjadi seolah seperti di dalam film. Mungkin jika menyaksikan perkembangan melalui media, kita bisa memahami itu. Tapi kini, melalui film Captain Phillips, kita bisa merasakan bagaimana menjadi seorang awak kapal yang dibajak kemudian disandera.


Richard Phillips (Tom Hanks) adalah seorang kapten yang ditugaskan membawa kapal kontainer Maersk Alabama dari pelabuhan Oman menuju beberapa negara konflik yang mengalami kelaparan di Afrika seperti Somalia, Rwanda, dan Uganda. Di tengah perjalanan, kapal yang mengangkut bantuan berupa makanan dan minuman tersebut diserang para perompak dari Somalia. Mulai dari sini, kita akan menyaksikan bagaimana sebuah penyerangan, penyanderaan, hingga aksi penyelamatan  yang selanjutnya akan berlangsung dengan tensi ketegangan yang tiada henti menyekik nafas. 


Sutradara Paul Greengrass sebelumnya pernah menggarap film United 93 dengan tema serupa yaitu penyandraan, kini ia telah meningkatkan  kelihaiannya menekan adrenalin dengan kembali bermain pada sebuah kisah nyata. Setiap aksiden puncak yang terjadi dalam film, telah disusun dalam tahapan-tahapan yang saling membangun secara rapi, dan tentunya juga dikemas dengan pengambilan gambar shaky yang sudah menjadi ciri khas sutradara. Screenplay film ditulis berdasarkan buku berjudul A Captain's Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, And Dangerous Days at Sea karya Richard Pillips sendiri. Screenplay ini dikerjakan oleh Billy Ray yang sebelumnya melakukan tugas yang sama dalam The Hunger Games. Sehingga kita bisa merasakan pengaruhnya  saat menonton film ini yang seperti terbagi dalam beberapa "tahapan''. Jika diberi garis besar secara keseluruhan kisah dalam Captain Phillips, film dimulai dengan tahapan awal yaitu penyerangan. Pada bagian awal ini kita sebagai penonton dibuat merasa seperti   gajah besar yang lari terbirit-birit dikejar seekor nyamuk. Ini mengumpamakan harapan penonton pada kapal Maersk Alabama agar dapat selamat dari ancaman mematikan dari para perompak yang hanya menggunakan perahu kecil. Kemudian selanjutnya penonton memasuki tahap penyandraan yang mencemaskan hingga pemuncaknya yaitu penyelamatan yang pada momen ini sungguh membuat kita merasa lelah dan penat dalam perasaan depresi menyaksikan betapa sulitnya situasi yang sedang terjadi.
Captain Philips tayang midnight show tanggal 12 /11/2013 di seluruh bioskop indonesia, tayang reguler tanggal 17/11/2013 

Subscribe to this Blog via Email :