Sunday, May 18, 2014

OCEHAN SI GILA FILM : THE AMERICANS TV SERIES



Maybe contain SOP ILER, so be ALLERT!


Apa yang dapat dipikirkan apabila mendengar judul sebuah tv series berjudul The Americans? Jujur saya akan menganggap bahwa serial ini akan berbau sangat AmeRika, AmeRiki atau apalah itu nama sebuah negara. Saya pun menjadi skeptis sekali mendengar judulnya yang norak banget itu. Lalu saya cek posternya. Posternya sendiri bergaya ala poster film "Sin City" sedikit norak (seperti judulnya) dengan dominasi merah, hitam dan abu-abu tidak lupa ada Keri Russel dan Matthew Rhys yang memegang pistol lalu disilangkan di dada, seperti sebuah tanda penghormatan kepada negara. Kemudian saya cek di IMDB dan ternyata serial ini mengenai spy agen KGB yang menyamar sebagai rakyat AmeRika di negara AmeRika. Menarik, terlebih setting waktu pada masa perang dingin antara Uni Soviet dengan AmeRika. OK, saya memutuskan untuk menontonnya kalau sudah tayang.



Kemudian saya 'terglamour' dengan serial lain, saat serial ini release perdana di FX, saya saat itu sedang asik nonton Game of Thrones season 3, Mad Men season 6 (yang juga tayang di FX), Downton Abbey (di BBC AmeRika) juga Dexter season 7 (tayang juga di FX), Hannibal bahkan sampai sempat nonton Once Upon A Time (direkomendasikan oleh teman saya karena saya suka dengan dongeng Disney, tetapi ternyata serial ini benar-benar hueeeeeeeek banget buat saya). Saya pun melupakan The Americans.
Untungnya tahun lalu (sekitar bulan November), ada kakak sepupu saya, perempuan, yang demen banget dengan Korama (K-Drama) tiba-tiba nanyain, "udah pernah nonton The Americans belum?" Saya pun teringat lagi, dan saya juga ingat kalau mbak saya itu juga suka film atau serial yang berhubungan dengan 'spy' atau mata-mata, berkat saya cekoki ALIAS. Saya mengatakan belum, lalu diapun bercerita banyak dengan sedikit spoiler mengenai The Americans dan betapa dia jatuh cinta banget dengan Philip Jennings (Matthew Rhys). Untung saya agak sedikit toleran mengenai spoiler, dan justru karena spoiler itu yang membuat saya makin bertekad untuk menonton serial ini. Dan ternyata hasilnya........ KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNN!



Setelah ALIAS yang saya anggap serial tv mengenai mata-mata terbaik tamat di season 5, saya merasa kosong akan serial bagus mengenai 'spy intelligence'. Sampai sekarang saya merasa kalau serial tv hollywood sudah terkontaminasi dengan serial 'fantasy' yang berlebihan seakan para produser tidak mau pusing mikirin kehidupan realita, lalu mereka berpikir mari kita buat serial fantasy sehingga mempermudah menjelaskan segala macam aksi dan adegan yang ada. Atau mari kita perbanyak serial sci-fi atau 'post apocalyps' dengan cerita anak muda sebagai sasaran utama. OMG, saya selalu menganggap bahwa Sci-fi seharusnya memiliki jalan cerita yang rumit dan rigid, bukan malah membuat untuk mudah dijelaskan. Saya juga selalu menganggap bahwa fantasy dan sci-fi seharusnya sesuatu yang jarang bisa kita tonton karena membutuhkan daya kreatifitas yang sangat tinggi, karena kalau asal-asalan dibuat, 2 genre ini akan menjadi klise bahkan monoton dari segi cerita, sehingga saya sangat yakin menjadikan 2 genre ini menjadi tontonan yang trend adalah sesuatu yang salah kaprah.



Back to The Americans, serial ini sangat bagus dan keren karena premisnya yang memang dari awal sudah menarik perhatian. Bayangkan (sebagai perumpamaan) kalau kau adalah seorang agen mata-mata dari Malaysia yang diutus ke Indonesia dan menjadi keluarga normal di Indonesia sebagai 'cover' atas perbuatan kotor Malaysia di Indonesia. Lebih menariknya lagi, fokus cerita ke sebuah pasangan agen mata-mata antara kau dan wanita/pria pasanganmu yang harus terpaksa membangun sebuah keluarga, memiliki 2 anak dan sudah tinggal di Indonesia selama 15 tahun. Tentu selama waktu 15 tahun itu kau tidak mungkin tidak merasa ada perasaan suka bahkan cinta terhadap musuh negaramu, Indonesia, juga terhadap agen pasanganmu. Jangan lupa juga kau harus menjalankan misimu sebagai mata-mata untuk melancarkan semua misi dari pemerintahan Malaysia, kau harus menyamar, mencuri, bahkan sampai membunuh. Selain itu juga kau harus mengurus keluargamu (anak-anakmu) yang kau rahasiakan identitasmu, mereka juga makin berkembang dan makin mencintai Indonesia. Itulah yang dihadapi oleh Keri Russel dan Matthew Rhys setiap harinya dalam The Americans. Tentu kau akan dibantu oleh diplomat dan kedutaan besar Malaysia dan seorang 'penghubung' untuk menjalankan semua misi-misimu di Indonesia.



Serial ini begitu bagus dan kerennya karena bukan tipikal serial yang 1 episode habis 1 misi. Belum lagi ada kisah-kisah karakter yang lain yang juga menarik untuk diikuti, seperti tetanggamu yang ternyata seorang SIA (State Intelligence Agency, atau lebih dikenal dengan BIN, Badan Intelijen Negara) [kalau di series, kita mengenalnya sebagai FBI]. Juga kisah mata-mata di setiap lini, kubu bahkan dimana-mana. Kau juga akan mengetahui bahwa ada mata-mata dari negara lain yang juga tinggal di Indonesia.
Ok, cerita sudah sangat solid dengan alur yang cerita yang lambat tetapi sangat intens, memperlihatkan emosi-emosi para aktor yang bermain sangat ciamik. Hal ini membuktikan bahwa para pemain dalam serial ini sangat bagus memerankan karakternya masing-masing. Belum lagi mengenai setting lokasi, kostum, segala macam atribut bahkan sampai soundtrack-soundtrack yang terkenal di era 60-70an, membuat serial ini makin keren dan sangat apik sekali diikuti.





Saya bersyukur karena akhirnya saya bisa menyaksikan serial yang sudah saya nantikan semenjak tamatnya ALIAS. Saya bersyukur saya sedang menonton season 2 dari serial ini dan Rabu besok akan menjadi ending season 2 (for the record, season 2 makin bagus banget ceritanya!!!!). Saya bersyukur The Americans akan dilanjutkan ke season 3 tahun depan, walaupun dengan penonton yang terbatas (karena tidak seperti keluaran CBS, ABC, CWW atau Fox). Dan saya bersyukur karena saya bukanlah mata-mata dari Malaysia atau kedua orang tua saya ternyata bukan mata-mata dari Malaysia, karena kami sangat cinta Indonesia. Hehehe....



Setelah menonton serial ini, saya tidak tau, apakah saya makin benci dengan AmeRika, atau justru merasa kasihan. Karena akhirnya saya menyadari, bahwa mungkin AmeRika adalah negara yang paling banyak disusupi agen mata-mata dari seluruh dunia.
Very recommended series to watch!



NB : Sebenarnya banyak serial baru yang bagus, tetapi The Americans adalah yang paling saya minati untuk saya tulis. Hal ini karena saya suka genre-nya dan suka dengan 1 season yang hanya berisi 13 episode dengan cerita yang sangat intens. Terbukti saat ini serial AmeRika yang saya tonton yang lebih dari 13 episode per series hanyalah The Blacklist dan Arrow, bahkan The Walking Dead saya tinggalkan.
Keterangan foto: The Jennings, from Left - Right: Elizabenth Jenning (Keri Russel at her best act, give her awards please!), Henry Jenning (he so adorable, typical many parents will like him), Paige Jenning (oh GOD, I will wait for her mature looks, she so damn beauty) and Philip Jenning (maybe many women will fall in love with him, I'm sure!).

( By Ibnu Akbar )

Subscribe to this Blog via Email :

3 komentar

Write komentar
Alya Feliz
AUTHOR
February 16, 2015 at 3:31 PM delete

Saya sebelumnya cuma nonton the vampire diaries, tapi sampe season 5 udah stop soalnya season 5 ancur banget. Nah akhirnya nyari2 tv series lain. The americans masih ada nggak ya? Kalau True Detective bagus nggak gan? Baru jalan satu season kayaknya. Trus The Big Bang Theory berkisah tentang apa?

Reply
avatar
Dani Andani
AUTHOR
March 11, 2015 at 1:37 PM delete

Bantu jawab ya. True detective keren pake banget. Ceritanya tentang dua orang detektif yg nyelidikin kasus kematian yg agak aneh. Season 1 udah habis tapi di renew kok season 2. Ratingnya aja tinggi banget di IMDb. Yg main juga bukan sembarang aktor. Recommended bangetlah. Kalo the big bang theory lebih ke komedi sih tapi in geeky way. But you don't have to be scientist to know their jokes tho. Sekarang udah season 8 kalo gak salah. Lucu banget deh pkoknya. Wajib nonton

Reply
avatar
April 17, 2016 at 4:35 PM delete

saya saranin nonton serial tv "Person of Interest"..ceritanya keren
kalau ndak percaya tonton sendiri deh

Reply
avatar