Friday, May 23, 2014

ULASAN : X-MEN DAYS OF THE FUTURE PAST




" Bryan Singer is back ", setelah 2 film terakhir Bryan Singer ( Superman Returns dan Jack Te Giant Slayer ) kurang mendapat respon positif dari kritikus maupun penonton, Bryan membayar lunas dosa besarnya telah meninggalkan proyek X-men : The Last Stand demi Superman Retuns melalui film kelima franchise ini. Kekhawatiran para fanboy bahwa pondasi yang sudah sangat kuat dibangun oleh sutradara Matthew Vaugn pada Fisrt Class akan goyah dengan berpindahnya kursi sutradara pada Bryan Singer sama sekali tidak terbukti. Melalui X-men : Days Of Future Past, kita semua merasa sepakat jika Bryan Singer tercipta untuk X-men.




Konflik Days Of Future Past sendiri diadaptasi dari seri komik X-men berjudul sama tahun 1981 ketika di masa depan sebuah perang besar terjadi. Perang terhadap robot canggih pemburu mutantyang disebut Sentinel itu menelan korban bukan hanya dari pihak mutant, namun juga dari pihak manusia biasa. Pada awalnya Sentinel hanya memburu kaum mutant. Namun semuanya makin memburuk ketika Sentinel juga membunuh manusia biasa yang berkemungkinan memiliki keturunan mutant. Para mutant makin terdesak dalam melawan para Sentinel karena kemampuan robot tersebut untuk beradaptasi dalam melawan kekuatan masing- masing mutant. Untuk mencegah perang ini, mutant- mutant yang tersisa memutuskan untuk mengirim  Wolverine (Hugh Jackman) ke jiwanya di masa lalu dengan kemampuan yang dimiliki oleh Kitty Pryde/ Shadowcat (Ellen Page) untuk menghentikan Raven Darkholme/ Mystique (Jennifer Lawrence) membunuh Bolivar Trask (Peter Dinklage).



Bolivar Trask adalah pencetus ide pembuatan Sentinel. Dengan membunuh Trask, Mystique akan ditangkap dan akan dijadikan kelinci percobaan. Dari darah Mystique, penerus Trask akan mengambil DNA dan mempelajari kemampuannya dalam berubah wujud. Hal ini yang kemudian akan dipakai untuk menciptakan kemampuan Sentinel dalam beradaptasi. Di tahun 1970-an, Logan harus meminta bantuan kepada Charles Xavier/ Professor X muda (James McAvoy) dan Erik Lehnsherr/ Magneto muda (Michael Fassbender) untuk mencari dan mencegah pembunuhan itu terjadi.



Pemberitahuan untuk penggila film semua, pastikan anda udah menonton semua seri X-men sebelum menonton DoFP, karena sejak adegan pertama penonton akan langsung dibawa pada konflik cerita seakan tidak diberi waktu untuk bisa mencerna siapa saja mutant-mutant yang muncul. Setelah 15 menit awal tidak diberi nafas, barulah secara perlahan-lahan penonton akan terbawa pada alur cerita yang naskahnya dikerjakan oleh  John Byrne, Simon Kinberg, Matthew Vaughn, Jane Goldman bagaimana sedang terdesaknya sisa-sisa mutant dimasa depan dan harus mereka segera melakukan sesuatu. 


Setelah 14 tahun usia franchise dan untuk sesaat kita sedikit merasa skeptis bagaimana terlalu ambisius dan percaya dirinya Bryan Singerproyek DoFP ini dengan Assembe Cast-nya, ternyata Bryan Singer masih bisa memberikan sesuatu yang baru pada penonton yang membuat kita mengeluarkan kata " Damn....,bisa-bisanya ". Dan semuanya makin disempurnakan dengan penampilan para cast utama DoFP. Makin padunya hubungan frienemies antara James McAvoy dan Michael Fassbender yang sudah dibangun sejak First Class dan hal yang sama yang juga ditunjukan Patrick Stewart dan Ian Mckellen.

Subscribe to this Blog via Email :