Tuesday, August 19, 2014

ULASAN : GUARDIANS OF THE GALAXY

Guardian of the Galaxy ini seperti sebuah film Star Wars dengan unsur komikal yang lebih kental, dan tentu ditambah dengan sentuhan mejik dari Marvel sehingga menjadikannya sebuah tontonan yang teramat menyenangkan untuk diikuti. Mungkin sentuhan Marvel yang paling kental dirasakan dalam film ini adalah bagaimana mereka memperlakukan musuh utama dan kerap memecahkan susasana di saat situasi sedang genting, ditambah lagi dengan iringan lagu-lagu retro tahun '80an yang membuat emosi film menjadi semakin asik dan dalam suatu cara, menimbulkan rasa hangat oleh sentuhan dari masa lalu.

Berpetualang dalam film dengan ensemble cast sangat dibutuhkan karakterisasi yang pas dan berimbang. Seperti yang sudah kita ketahui, terdapat 5 karakter utama dalam GotG dan ini begitu menakjubkan rasanya ketika menyaksikan bagaimana mereka membangun cerita beriringan dengan penokohan karakter sekaligus menciptakan ikatan antar karakter tersebut melalui sederet interaksi yang seru dan menyenangkan. Film dengan banyak karakter utama hanya akan menjadi berisik dan gaduh apabila tidak dirangkum dengan kekuatan sinergi nyaris sempurna seperti ini (uhuk, TMNT, uhuk). Dan ini tentu juga sangat perlu didukung oleh performa para pemain. Chris Pratt (sebagai Peter Quill aka Star-Lord)), Zoe Saldana (Gamora), Dave Bautista (Drax), Bradley Cooper (Rocket Roccoon), hingga Vin Diesel (Groot) yang di sini disulap menjadi pohon dan karakter yang paling menggemaskan. Semua sukses membangun chemistry lebih dari sekedar sekumpulan teamwork, menjadi sebuah ikatan keluarga. 


Kita patut  berterimakasih kepada teamwork yang dipimpin James Gunn sebagai sutradara, yang tidak hanya sukses menyatukan para karakter secara instan dan pas dalam jalinan kisah yang dikemas rapi, namun juga memperluas cakupan MCU hingga menembus tahapan baru yang lebih kompleks. Banyak detil lain yang disinggung dalam film, mengenai apa ini, siapa itu, dan bagaimana tautannya dengan universe The Avengers di Bumi, adalah menjadi bagian materi yang tidak akan membuat film menjadi sumpek, namun justru menjadi sesuatu yang menarik untuk digali baik dalam film-film Marvel selanjutnya ataupun oleh penonton ketika selesai menyaksikan film.
Guardian of The Galaxy tayang di bioskop Indonesia mulai 20 Agustus 2014.
(ipan)


( By Arief Noor Iffandy )

Subscribe to this Blog via Email :