Wednesday, September 17, 2014

ULASAN : The Maze Runner (2014)


Semakin maraknya film adaptasi novel young adult membuat kita para penonton harus pandai-pandai memilih mana yang patut diberi perhatian, atau paling tidak menyetel ekspektasi yang sesuai karena banyak film adaptasi seperti ini memiliki ambisi yang besar mengejar sukses menjadi hits kultur pop berikutnya. Setelah berakhirnya zaman Twilight saga saat ini kita sedang berada dalam era The Hunger Games yang bisa dikatakan yang paling berjaya dalam kelasnya baik secara finansial maupun kualitas film. Di luar dari yang satu ini, ada banyak film dengan target pangsa serupa yang mencoba peruntungannya, salah satunya sekarang adalah The Maze Runner yang diadaptasikan dari novel populer berjudul sama karangan James Dashner. Skeptis pada film bertemakan young adult akhir-akhir ini sudah menjadi lumrah. Namun apabila menemukan satu saja yang mengesankan, film seperti ini bisa menjadi biang kecanduan karena gampang sekali memberi sensasi hiburan.

The Maze Runner menceritakan beberapa anak muda yang "dibuang" secara berkala ke tengah labirin raksasa misterius yang mematikan, begitu luasnya maze tersebut hingga membutuhkan waktu bertahun-tahun bagi mereka yang bertahan hidup untuk memetakannya demi menemukan jalan ke luar. Hingga pada gilirannya ketika seorang pemuda bernama Thomas ikut dilempar ke lokasi, keadaanpun perlahan mulai berubah, berbagai rahasia mulai terungkap.

Film digawangi oleh sutradara Wes Ball dengan bintang utama Dylan O'Brien sebagai Thomas. Juga terdapat karakter pendukung lain yang dilakoni oleh aktor seperti Will Poulter yang sebelumnya mencuri perhatian dalam film ke-3 Narnia dan We Are The Millers, kemudian aktor Thomas Brodie-Sangster yang sempat menjadi pemuda Warg di Game of Thrones. Secara keseluruhan film ini dapat memberi hiburan segar dengan plot yang membuat penasaran (terutama apabila belum membaca bukunya), meskipun terdapat bagian minus terbesar film ini tidak memberikan ikatan yang cukup kuat antara karakternya dengan penonton. Namun apabila diadakan voting, sepertinya saya akan berpihak kepada yang memberikan kesempatan bagi film ini untuk membuka sebuah franchise baru dan menantikan follow up adaptasi buku selanjutnya, karena sesungguhnya film ini sudah memiliki universe cerita menarik yang terlalu "menyebalkan" apabila digali hanya dalam satu segmen saja. Bagaimana dengan kalian?
The Maze Runner sudah  tayang secara luas mulai hari ini, 17 September 2014.
(ipan)

Subscribe to this Blog via Email :