Wednesday, October 1, 2014

ULASAN : ANNABELLE

Before The Conjuring, there was Annabelle... Begitulah film ini memperkenalkan dirinya. Sebuah spin-off yang juga dapat dikategorikan prekuel dari The Conjuring besutan sutradara James Wan yang menjadi salah satu hits 2013 lalu. Pada film itu sempat menampilkan kisah singkat sebuah boneka menyeramkan yang menebar teror, yang kemudian 'diamankan' dalam sebuah lemari kaca. Sesi cerita singkat tersebut memang luar biasa sebagai sebuah pembuka film, dan memang membuka potensi yang layak diberikan kisahnya sendiri.
 
Film ini disutradarai oleh John R. Leonetti yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan James Wan sebagai director of photography. Dalam Annabelle, kita dapat merasakan kesamaan teknik pengambilan gambar yang -entah bagaimana saya dapat menyebutnya dengan benar, menggunakan efek seperti fish-eye sehingga menampilkan gambar-gabar dengan horizon sedikit cembung dan mengawang yang efektif memberikan efek trauma pada penotnon. Sayangnya pada film ini ia menyerahkan divisi ini ke pada sinematografer lain sehingga berbagai hasil udut pandang gambarnya tidak lagi sedahsyat The Conjuring. 
 
Lalu bagaimana dengan hasil penyutradaraannya sendiri? Saya menemukan film ini tidak menampilkan sesuatu yang baru, dengan eksekusi cerita yang cenderung nrimo terhadap naskah yang tidak segar terlalu dipaksakan. Banyak elemen-elemen pencipta suasana horror klise kembali digunakan, seperti beralatan elektronik yang tiba-tiba bekerja sendiri, teriakan bayi yang ditinggalkan sendirian di kamar, hingga kursi berderit di ruangan sebelah, entah sudah berapa kali yang sepeti itu ditampilkan dalam film horror dan mereka di sini masih saja menggunakan elemen yang sama. Menyeramkan, memang, namun itu tidak luar biasa dan akan cepat dilupakan. Belum lagi dengan performa para cast yang tidak cukup membantu. Mungkin dalam hal ini penampilan aktris Annabelle Walis sebagai Mia yang cukup menarik simpati sebagai korban utama yang ditakut-takuti. so, anda yang memutuskan nya, untuk menonton film ini , Annabelle sudah tayang di Indonesia mulai tanggal 1 Oktober lebih cepat 2 hari dari peredaran internasional. (ipan)

Subscribe to this Blog via Email :