Wednesday, August 5, 2015

ULASAN : MISSION IMPOSSIBLE ROGUE NATION





Bisa mempertahankan kualitas sebuah film saga sejak film pertama hingga film kelima dengan sama baiknya atau bahkan bisa melebihi dari keempat film sebelumnya bukanlah sesuatu hal yang mudah dicapai. Dan Mission Impossible Saga adalah salah satu saga yang bisa yang menjawab tantangan itu. Saga yang selalu berganti sutradaranya di setiap serinya ini tetap mampu menampilkan sebuah tontonan yang memacu adrenalin disaat Ethan Hunt ( Tom Cruise ) yang menjalankan misi tidak mungkinnya. Di seri kelima kali ini kursi sutradara diambil oleh Christopher McQuarrie ( Jack Reacher ). Mission Impossible Rogue Nation sendiri adalah film ketiga yang ditangani oleh McQuarrie sebagai sutradara disepanjang kariernya.



Untuk seri Mission Impossible Rogue Nation menceritakan ketika Ethan Hunt setelah menjalankan misi terakhirnya di Rusia ( Oh yeah, opening yang sangat luar biasa ) secara terduga ditangkap secara mendadak oleh organisasi yang diketahui bernama “ Syndicate “. Disaat terdesak yang juga secara tidak terduga Ethan diselamatkan Ilsa Faust ( Rebecca Ferguson ) yang sama sekali tidak dikenal. Sementara itu ditempat lain IMF ( Impossible Mission Force ), organisasi tempat Ethan Hunt mengabdi yang dipimpin oleh William Brandt ( Jeremy Renner ) terpaksa ditutup setelah mendapat desakan dari Alan Hunley ( Alec Baldwin ) pimpinan dari CIA yang menganggap kehadiran IMF tidak dibutuhkan lagi oleh negara dan semua agen IMF harus segera dinonaktifkan termasuk Ethan sendiri.



Setelah mengetahui situasi yang dialami oleh IMF, Ethan Hunt yang merasa tugasnya belum selesai, menolak kembali dan melanjutkan penyelidikannya untuk membongkar jaringan “ Syndicate “ yang keberadaannya tidak terdektesi, bahkan oleh CIA sendiri. Dianggap oleh CIA sebagai pembelot, Ethan pun sekarang berbalik menjadi buronan, bahkan teman-temannya di IMF sendiri Brandt, Benji ( Simon Pegg ) dan Luther ( Ving Rhames ) tidak bisa membantu apa-apa karena mereka sendiri diawasi secara ketat oleh CIA. Dan selanjutnya adalah, Ethan yang mengumpulkan puzzle demi puzzle informasi keberadaan “ Syndicate “ menemukan jawaban bahwa keberadaan organisasi ini akan mengancam keamanan dunia, dan Ethan pun harus kembali membentuk tim kecilnya secara diam-diam untuk bisa menangkap siapa orang dbalik organisasi “ Syndicate “.






Ya, setelah lima seri dalam kurun waktu hampir 20 tahun sejak film pertama, Mission Impossible masih bisa menunjukan tajinya. Dengan cerita yang solid yang naskahnya dikerjakan oleh Christopher McQuarrie sendiri yang dibalut dengan aksi kejar-kejaran dan ledakan ini memang sangat luar biasa. Tom Cruise memang tercipta sebagai Ethan Hunt yang tidak habis dimakan usia. Kehadiran pemeran pembantu lainnya seperti Simon Pegg, Jeremy Renner, Ving Rhames, Alec Baldwin dan yeah Rebecca Ferguson memberikan porsi mereka yang meninggalkan kesan tersendiri. Balutan humor yang diselipkan juga selalu memecah tawa penonton. Tidak seperti seri James Bond yang plot ceritanya akan selalu sedikit membuat kening penonton berkerut, plot cerita Rogue Nation sangat menyenagkan untuk diikuti. Naskahnya yang cerdas, menarik dengan paket sebuah action yang luar biasa.





Mission Impossible adalah sebuah tontonan yang memenuhi standard hiburan “ summer movies “. Sulit untuk beranjak dari tempat duduk meskipun anda ingin ke toilet dengan resiko kelewatan momen-momen luar biasa film ini. Cukup duduk manis dan nikmati sebuah tontonan dengan cerita yang menarik tanpa harus memaksa anda berpikir banyak seperti tipikal film agen-agen rahasia lainnya






Subscribe to this Blog via Email :