Thursday, September 17, 2015

PENGGILA FILM DI BALI, SAMBUTLAH RATUSAN FILM BERKUALITAS DARI 29 NEGARA BERKUMPUL DI BALINALE 2015





Untuk yang ke-9 kalinya, Bali International Film Festival (Balinale) kembalidigelarbekerjasamadenganCinemaxxsebagairumahbaruhinggatigatahunkedepan. Kali ini, festival tersebutmengambiltema Face of Diversity karenamenghadirkanberagamfilm dari 29 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Sebanyak 105 judul film akandiputarberuntunselamasepuluhharimulaidaritanggal 24-30 September 2015. Seluruh film yangmerupakanhasilkurasidari300 film yang masukdari 42 negaratersebutakandiputar di Cinemaxx yang berlokasi di Lippo Mall, Kuta Bali. Cinemaxx yang menjadi partner baruBalinalememungkinkan film-film diputardenganteknologicanggihbaik 3D maupun 2D.

Festival yang akandibukadengan film Gueros (2014) garapansutradara Alonso Ruiz Palacios dari Mexico inimenghadirkanjenis film yang beragam, di antaranya film feature fiksi, dokumenterdan juga film-film pendek. Tentunya, film-film tersebutmemilikikualitasunggulterutamadarisegisinematografimaupunpenceritaankarenasebagianbesar film adalahpemenangdariberbagaipenghargaanbertarafinternasional. Dan tahunini, Indonesia sebagaituanrumahberhasilmemasukkan 26 film karyaanakbangsa yang berartijumlahnyameningkatdaritahunsebelumnya yang hanyaenam film.

“Kita menyeleksi film-film yang masukdariberbagainegara. Film Indonesia yang masuktentunyamelewatiseleksi yang sama. Jadiiniadalahsebuahkabarbaikkarenadari 105 film, 26 di antaranyaadalahgarapansutradara Indonesia”, ungkapDeborah Gabinetti, Founder dariBalinale.



Film Indonesia yang akandiputarpadaperhelatantersebut di antaranya film “3 (tiga)” garapanAnggiUmbarayang memangakan World Premiere di festival tersebut, danbeberapa film lain sepertiBidadariTerakhir (AwiSuryadi), About A Woman (Teddy Soeriaatmadja), danCakraBuanakarya Massimo Burhannudinsertamasihbanyaklagikarya film lainnya. Sementaradariluarnegeri, film Ode to My Father dari Korea, Round Trip Heart (Jepang), pemenang Grand Jury Prize and Audience Award di Sundance Film Festival “Me and Earl And The Dying Girl” dari USA juga turutmemeriahkan festival tersebut. Untukketeranganlebihlengkapmengenaipemutaran film-film tersebut, jadwaldanhargatiketbisadilihat di situs www.balinale.com.


( By Triwahyuni )

Subscribe to this Blog via Email :