Thursday, November 26, 2015

FESTIVAL SINEMA PRANCIS KE-20 MERAMAIKAN TONTONAN BERKUALITAS DI AWAL DESEMBER



 


Hanya menghitung hari, pergelaran Festival Sinema Prancis akan digelar di beberapa kota Indonesia dari tanggal 3-6 Desember 2015. Dalam rangka menyambut FSP 2015, Institut Francais d’Indonesia ( IFI ) menggelar Press confrence dan Screening kemarin pada tangal 25 November 2015 di Auditorium IFI Thamrin.



Acara press confrence ini sendiri dihadiri oleh Tara Basro selaku Duta Festival Sinema Prancis 2015, Marc Piton (Festival Director dan Direktur IFI) dan Arnaud Miquel (Festival Programmer dan Koordinator Audio Visual IFI). Lewat pres confrence ini diumumkan film-film apa saja yang memeriahkan Festival Sinema Prancis tahun ini yang akan dibagi menjadi 3 program; Panorama, Fokus dan Kompetisi Film Pendek.



Marc Piton memberi penjelasan “20 tahun Festival Sinema Prancis menjadi momen untuk melihat banyaknya perubahan yang menggembirakan. Dulu, tak hanya film Prancis yang terbatas aksesnya tetapi juga film Indonesia. Kini, lahir generasi barudi industri film Indonesia dimana semakin banyaknyaproduksi film Indonesia yang berkualitas.”










Marc Piton sempat menjabat sebagai Atase Audiovisual edubes Prancis di Jakarta pada tahun 1999-2003 dan saah satu tokoh yang menginisiasi Festival Sinema Prancis di Indonesia ini menambahkan “Tahun 2015 adalah awal bar dari 20 tahun yang akan datang dimana cakupan kerjasama dan bentu kemitraan Indonesia-Prancis dalam bidang sinema akan semakin luas dan intens”. Perayaan 20 tahun yang turut dimeriahkan dengan dpilihnya dua orang Duta Festival Sinema Prancis 2015; Garin Nugroho dan Tara Basro. Sayang pada saat press confrence Garin Nugroho tidak bisa hadir karena berada di Hawai pada saat acara ini berlangsung.



Berikut film-film yang akan hadir di Festival Sinema Prancis 2015 yang sudah disebutkan diatas bahwa pertunjukan Festival Sinema Prancis menjadi 3 program; Panorama, Fokus dan Kompetisi Film Pendek.




~ Panorama
Program Panorama menyajikan berbagai film film Prancis terbaru dari berbagai genre. Edisi ke-20 Festival Sinema Prancis akan dibuka oleh film berjudul Dheepan yang meraih penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes. Selain Dheepan ada film komedi The New Adventures Aladin, Taj Mahal, La Familie Belier, Le Petit Prince, Monkey Business, La French dan Santa Claus.



~ Fokus
Program Fokus kali ini didedikasikan bagi kolaborasi sinematografi antara Prancis dan Indonesia melalui 5 film; Sang Penari, Laut Bercermin, Berbagi Suami, The Photograph dan Garuda Power The Spirit Within.



~ Kompetisi Film Pendek
Kompetisi Film Pendek Festival Sinema Prancis adalah batu loncatan bagi para sineas muda Indonesia yang ingin mengembangkan kariernya ke dunia internasional. Sebanyak 8 film lolos sebagai finalis tahun ini akan diputar sebeum pemutaran film panjang dalam program Panorama. Ke-8 fillm pendek tersebut adalah Bid & Run, Iblis Jalanan, Iman, Return To Sender, Sandekala, Simbiosis, Sleep Tight Maria dan Taste of Fences.



Untuk menonton jajaran fil Prancis terbaru, dapatkan tiket di kantor IFI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Balikpapan mulai tanggal 26 November 2015 seharga IDR 35.000. Untuk informasi lebih lanjut dan jadwal pertunjukan film silahkan kunjungi www.festivalsinemaprancis.

Subscribe to this Blog via Email :