Friday, November 6, 2015

PEMUTARAN KOLABORATIF INDONESIAN FILM GOES TO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL





Bandung (07/11/15) Pada hari Sabtu ini, Bandung kedatangan banyak film-film Indonesia yang telah melalang buana keberbagai festival film dunia. Sebagai lokal partner BFC dan IFI Bdg dipercayai Kolektif sebagai penggerak acara "Pemutaran Kolaboratif Indonesian Film, Goes To International Film Festival" Pemutaran ini hadir karena adanya inisiatif dari Kolektif yg bekerjasama dengan IFI di Indonesia untuk melakukan pemutaran film-film ini di berbagai kota di Indonesia diantaranya Bdg, Jkt, Jogja dan Surabaya.



Tajuk Pemutaran "Kolaboratif

Indonesian Film Goes To International Film Festival" sendiri diambil dengan semangat bahwa anak-anak muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa, sudah mampu melahirkan karya2 yang bisa di apresiaai diluar 'rumahnya'' Indonesia, maka semangat ini berlanjut kepada karya-karya ini, juga harus menjadi tuan rumah di "rumah" nya sendiri Indonesia.



Acara ini adalah bentuk apresiasi terhadap karya2 tersebut, juga bentuk edukasi terhadap sineas2 muda Bdg terhadap film2 berkualitas, baik dari segi penggarapan (teknis) maupun ide cerita yang tidak mengangkat isu yang itu-itu saja.



Mengapa semangat kolaborasi yang kami usung? istilah pemutaran kolaboratif di acara ini kami angkat dikarenakan kami berusaha menyajikan film, bukan saja dengan tema dan genre yang beragam, namun ada juga pemutaran film Prancis. Tidak lupa, film-film pendek dari Sineas lokal, Bdg pun akan diputar diacara ini.



BFC sebagai organisasi film yang ingin menjadikan karya dalam bentuk film dapat menjadi gerbong penggerak industri kreatif lainnya agar bisa guyub ide, rembuk karya, sehingga semua element yang ada dalam sebuah film dapat berdampak nyata tidak hanya dalam bentuk keuntungan kapital juga dalam bentuk gotong royong dalam menciptkan sebuah karya. Dalam semangat hari Pahlawan yang akan diperingati pada 10 Nov, acara ini pun mencoba menciptakab semangat, bahwa saat ini kita sedang mengalami pertempuran ide dan gagasan di dunia. Film sebagai salah satu bentuk karya yang modern (menggabungkan seni visual, audio, teater dsb) harapannya mampu menjadi "bambu runcing" agar bangsa Indonesia tidak jauh tertinggal peradabannya dengan bangsa-bangsa lain, dimana paradigma mereka,melihat karya dalam bentuk film tidak hanya sebagai mesin pencetak uang, lebih jauh dari itu bisa menjadi alat propaganda pengenalan budaya dan mengangkat isu-isu lokal yang tabu dibicarakan dalam bentuk media lainnya. Para pembuat film sebagai pejuang kebudayaan, tentu harus kita dukung dalam bentuk apresiasi kepada karya-karya mereka yang tidak menutup kemungkinan, memberikan banyak inspirasi dan menstimulus terciptanya ide juga gagasan yang dapat melahirkan karya-karya gemilang lainnya di masa depan.

Kesempatan yang sangat bagus untuk teman-teman penggila film dari Bandung untuk bisa menikmati alternat tontonan weekend ini. Untuk penggila film yang tertarik untuk menyaksikan film-film pendek berkualitas ini, teman-tean penggila film bisa contact Iffa ( 085863429270 )

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
November 6, 2015 at 3:11 PM delete

Maaf sebagai koreksi nih ada banyak yang typo

Reply
avatar
Zul Guci
AUTHOR
November 6, 2015 at 5:19 PM delete

Wah iya Mbak Anggie yg cakep.., terima kasih atas koreksinya XD

Reply
avatar