Thursday, April 7, 2016

ULASAN : 10 CLOVERVIELD LANE



Beberapa bulan lalu kita dikejutkan oleh proyek rahasia milik J.J. Abrams yang tiba-tiba saja merelase trailer yang disebut-sebut memiliki keterkaitan dengan Cloverfield (2008) film yang sama-sama ia produseri. Munculnya trailer bisa dibilang mengejutkan bagi Gila Film manapun, karena produksi film ini sama sekali tidak terendus oleh media. Proyek itu adalah 10 Cloverfield Lane, yang hebatnya meskipun membawa  nama cast yang bisa dibilang aktor lawas, proyek ini sangat tersembunyi hingga releasenya trailer pertamanya. 10 Cloverfield Lane merupakankarya debut sutradara Dan Trachtenberg yang sebelumnya lebih banyak menutaradarai iklan.



Terbangun setelah mengalami kecelakaan mobil, Michelle (Mary Elizabeth Winstead) mendapati dirinya berada di bunker bawah tanah milik seorang pria(John Goodman) yang mengatakan bahwa ia telah menyelamatkannya dariserangan kimia. Di sana tidak hanya ada mereka berdua, ada juga satu orang pria bernama Emmet (John Gallagher Jr).



10 Cloverfield Lane adalah thriller dengan naskah yang bisa dibilang hampir sempurna ditulis oleh Josh Campbell, Matthew Stucken dan Damien Chazelle. Saya sampai-sampai tidak menemukan plot hole di sana. Tapi bukan hanya itu saja yang membuat 10 Cloverfield Lane terasa menyenangkan ditonton. Visualisasi naskah yang apik terlebih di adegan pembuka yang sangat sangat, sangat, sangat indah, bagaimana film ini menampilkan adegan kecelakaan yang membuatmu melotot melihatnya, juga karena tensi filmnya terjaga dari awal hingga akhir. Terlebih music scoring yang intens dan efektif menjaga penonton tetap melotot bahkan mencengkeram bangkunya.



Tiga pemain utama yang sangat efektif. John Goodman memberikan performa menghadirkan karakter bapak-bapak tua mengerikan. Di samping itu ada Mary Elizabeth Winstead yang mampu tampil brilliant meskipun jelas bukan penampilan terbaiknya, bagi saya ia masih lebih baik berperan di Faults (2014). Dan John Gallagher Jr. yang dikenal lewat film Short Term 12 bersama Brie Larson memberikan dimensi yang berbeda di film ini. Ia dan karakternya mengeluarkan jokes-jokes di saat yang tepat dan segar,tidak annoying,terlebih di saat-saat mencekam seperti itu.



Menonton 10 Cloverfield Lane seperticampuranantara Hidden (2015) + Room (2015) + ah sayataktegamenyebutjudulnya, karenaakanmen-spoiled twist ceritaini.

( By Annisa Anugra )

Subscribe to this Blog via Email :