Monday, June 6, 2016

ULASAN: THE CONJURING 2





Salah satu aturan paling utama yang tidak tertulis dalam sebuah film sequel adalah, “ Jika kamu tidak bisa membuat film kedua lebih bagus dari film pertamanya, setidaknya film kedua bisa sama bagusnya seperti yang pertama”. Itu hal yang saya dapatkan dari film The Conjuring 2 yang sangat beruntung masih disutradari oleh sang master horror dekade ini James Wan (Insidious, Saw) dan juga masih dibintangi oleh Patrick Wilson dan Vera Varmiga yang kembali memerankan suami istri Ed dan Lorraine Warren. Film pertamanya sendiri sangat sukses dari pemasukan dan banyak mendapat pujian dari para kritikus dan penonton tahun 2013 lalu, dimana dengan kesuksesan itu diikuti diproduksinya spin-off yang berjudul Annabelle tahun 2014.



Melanjutkan dari akhir kisah pertama, Lorraine merasa sudah cukup baginya untuk terlibat dalam perkejaan sebagai penyilidik supranatural karena Lorraine merasakan firasat buruk jika dia dan suaminya Ed (Patrick Wilson) tetap melanjutkan perkejaan ini. Tetapi itu ternyata sementara, ketika pasangan ini harus terbang ke Enfield, London untuk membantu Peggy Hodgson (Frances O'Connor), seorang ibu dengan empat orang anak. Rumah yang mereka tempati ternyata dihuni oleh mahluk halus jahat. Bahkan Salah satu dari roh jahat berhasil merasuki Janet Hodgson (Madison Wolfe), anak perempuan dari Peggy Lorraine sempat tidak percaya dengan cerita keluarga Peggy. Sampai ia mendapatkan sebuah pertanda mengenai eksistensi sang mahluk, yang ternyata ingin mencelakakan mereka. Ed dan Lorraine pun harus berjuang menghentikan sang mahluk untuk mencapai tujuannya.



Seperti yang sudah disinggung diatas, jika tidak bisa membuat film kedua lebih baik dari pada film pertama, maka film kedua harus bisa sama baiknya dengan film pertama. Meskipun The Conjuring 2 masih mengdaptasi dari kisah nyata seperti film pertamanya, bsa dibilang plot cerita hampir seperti pengulangan film pertamanya. Dan sangat beruntungnya rumah produksi bisa mempertahankan James Wan sebagai sutradara. James Wan watak utama yang membuat The Conjuring 2 masih bisa menunjukan taringnya sebagai salah satu film horror terbaik tahun ini.



Patrick Wilson dan Vera Vermiga tanpa perlu diragukan lagi sangat memainkan perannya sangat baik. Perbedaan yang sangat terasa dari film pertamanya adalah cinematographi yang di film pertama ditangani John R. Leonetti yang mampu memaksimakan segala ruang sempit menjadi mencekam yang belum bisa disamai di film kedua dipegang oleh Don Burgess dan juga durasi yang terlalu panjang akan membuat penonton akan mulai bosan. Tetapi itu hanya sebagian kecil minus yang mampu ditutupi dengan kelebihan film ini. Salah satunya tentu saja momen-momen menyeramkan dan adegan yang tak disangka yang membut satu studio akan berteriak karena kaget.



Dengan James Wan sebagai sutradara The Conjuring 2, film ini sudah menjadi jaminan sebagai film horror yang memberikan pengalaman menyeramkan dalam bioskop seperti film-film horror James Wan sebelumnya. Salah satu film horror yang sangat direkomendasikan ditonton di bioskop.

Subscribe to this Blog via Email :