Wednesday, September 14, 2016

ULASAN: PETE'S DRAGON (2016)

Pete (Oakes Fegley) baru berumur lima tahun bepergian dengan orang tuanya. Dia duduk di kursi belakang mobil membaca buku favoritnya ketika seekor rusa menyebrang dan ayahnya mencoba menghindari. Mobil berputar di luar kendali dan menuruni bukit ke dalam hutan lebat. Meskipun kedua orang tuanya meninggal dalam kecelakaan itu, anak kecil ini bertahan. Pete diselamatkan oleh naga hijau raksasa yang dia beri nama Elliott.
Sutradara David Lowery dan penulis skebario Toby Halbrooks telah menciptakan banyak adegan yang ajaib dan dibubuhi rasa keheranan. Siapapun yang pernah bertemu dengan makhluk liar pasti merinding dan takut sama seperti Pete bertemu dengan Elliott si Naga Hijau. Saya sangat kagum kepada Lowery yang mengarahkan 30 menit pertama meskipun hanya diwakilkan dengan adegan demi adegan tanpa dialog, kedekatan Elliott dan Pete dapat mewakilkan imajinasi setiap orang yang pernah berimajinasi. Keakraban ini dipertegas oleh Meacham(Robert Redford) yang mengatakan bahwa hubungan Pete dan Si Naga adalah "mengubah cara saya melihat dunia".
30 menit awal juga saya diajak bagaimana laku seorang anak yang seharusnya, bermain dan terus bermain. Walaupun trauma kehilangan keluarga tidak dieksploitasi dalam film ini, bukan brarti film inj kurang drama. Melainkan sebuah film petualangan sorang anak yang cocok untuk kalangan anak-anak. Yang saya maksudkan bahwa film ini bisa menjadi murni untuk anak dan bisa dikonsumsi semua khalayak penonton.
Lowery berhasil membuat membuat fantasi liar.
Karakter manusia favorit saya dalam film ini adalah Grace(Bryce Dallas Howard), yang merupakan sosok yang hangat dan penuh kasih ibu, Natalie(Oona Laurence) adalah teman yang setia. Ayah Grace, Meacham (Robert Redford), yang selama bertahun-tahun telah bercerita tentang pertemuannya dengan naga, tetapi masih percaya dengan keajaiban dan itu sangat jarang. Bahkan Karl Urban yang menjadi 'antagonis' disini bukan karakter yang buruk. Ya, dia hanya ingin menangkap Elliot dan mendapatkan rasa hormat dari saudara mandor nya, suami Grace, Jack (Wes Bentley). Semua ini adalah orang-orang yang layak disebut sebagai keluarga dan saya rasa cocok bagi keluarga Pete yang baru.
Ya, meskipun ceritanya sangat sederhana, tidak seperti The BFG, akan tetapi Pete's Dragon dapat mudah diresapi. Pada titik ini, saya sekali lagi kagum kepada keajaiban, kesederhanaan ke dalam inti emosional dari cerita dan hubungan cinta kasih antara seorang anak kecil dengan seekor naga, seperti layaknya keluarga yang menjaga.
Review oleh Pasko

Subscribe to this Blog via Email :