Thursday, November 24, 2016

ULASAN: ALLIED (2016)


Max Vatan (Brad Pitt) adalah mata-mata Kanada, bekerja di Inggris dan dituggaskan dengan misi untuk membunuh duta besar NAZI di Maroko Perancis. Rekannya dalam dalam misi ini adalah Marianne Beauséjour (Marion Cotillard), membuktikan keberanian sebagai seorang pejuang dalam Perlawanan Perancis dan mengharapkan Vatan menjadi setangguh dia. Dia juga memperingatkan bahwa terlibat asmara bukanlah pilihan dalma misi ini.

Berada di tengah-tengah Perang Dunia II banyak cara mendorong perilaku berisiko, dan itu tidak lama sebelum Max dan Marianne menyerah kemudian saling tertarik satu sama lain. Dan setelah mereka mulai merenungkan kehidupan bersama, rumah tangga menanti. Menetap dalam rumah yang nyaman London, Max mengasumsikan peran pencari nafkah yang masih bekerja di militer, dan Marianne menempatkan hari-harinya ibu rumah tangga.



Tapi kebahagiaan mereka terancam. Atasan Max bersikeras bahwa Marieanne adalah mata-mata yang membocorkan informasi ke Jerman. Jika terbukti Max harus membunuh istrinya. Ini adalah misi yang dia enggan diterimanya.

Meskipun beberapa masalah kemistri, Allied adalah drama tak terduga percintaan Perang Dunia II yang memperkuat gagasan bahwa cinta adalah sebuah medan perang juga.

Sutradara Robert Zemeckis tampaknya dengan sabar menyiapkan act pertama Allied ini dengan baik. Terlihat sedikit terlalu mudah ditebak, tapi dengan sentuhan skenario Steven Knight membuatnya begitu efektif.

Tak perlu diragukan lagi akting Pitt disini. Ketertarikan saya disini terpacu dalam segi fashion. Dengan pakaian linen yang paling pas di Casablanca membuat Pitt terlihat begitu gentleman. Tapi adegan lain favorit saya yaitu piknik Minggu sore dengan keluarganya menampilkan Pitt dengan celana panjang, sweater dan jaket suede, pakaian yang menonjolkan bagiamana masyarakat Inggris pada itu tampak hebat dan sempurna meskipun dalam perang sekalipun.

Cotillard sama saja, dengan berpakaian rapi dan ditata terlihat mempesona. Kemistri keduanya terlihat nyata.


Tak lupa karakter Jared Harris sini patut diapresiasi. Sebagai perwira Inggris yang kaku, terjebak di antara persahabatan dengan Max dan kesetiaannya kepada Ratu dan negara pada masa paling putus asa dalam sejarah Inggris. Ada juga penampilan yang sangat baik oleh Simon McBurney sebagai "penangkap tikus".

Secara umum, Allied mendapat nilai yang kuat untuk kemistri antara Pitt dan Cotillard, ditambah visual yang indah yang dibuat oleh Zemeckis. Ini juga berhasil membuat Allied bergabung dalam film klasiknya seperti Back to the Future, Forrest Gump dan Cast Away, memastikan masuk dalam warisan sutradara ini sebagai salah satu yang terbaik. Diulas oleh Pasko

Subscribe to this Blog via Email :