Sunday, November 27, 2016

ULASAN: DISNEY'S MOANA (2016)


Moana (disuarakan oleh Auli'i Cravalho) yang akan menggantikan ayahnya menjadi kepala suku sebuah pulau di Pacific, lebih suka menjelajahi samudera daripada tinggal di darat. Ayahnya khawatir akan keselamatan putrinya, melarang dia dari bertualang ke perairan di luar laguna karang pembatas karena sejarah masa lalunya dengan laut.

Ketika Moana mengetahui bahwa pulaunya dalam bahaya, dia melakukan perjalanan berbahaya untuk menyelamatkan sukunya. Lautan yang memilih Moana membawanya ke Maui, setengah dewa (disuarakan oleh Dwayne Johnson), yang telah tinggal di pengasingan selama seribu tahun. Tetapi Maui enggan setuju untuk membantu Moana, dipengaruhi oleh bujukan Moana, setengah dewa yang dapat berubah menjadi elang ini mencoba menjadi pahlawan sekali lagi.


Berbicara soal film animasi musikal Disney tentu saja tak lepas dari lagu-lagu yang memperkuat narasi. Tapi sayang tak ada lagu yang membekas dalam film Moana. Tidak bisa dibandingkan dengan Frozen, Tangled atau bahkan The Princess and the Frog yang mudah diingat. Setidaknya ada dua yang menonjol menurut saya, meskipun tak satu pun dari mereka yang dinyanyikan oleh Moana sebagai karakter utamanya. Yang pertama adalah "You're Welcome" yang dinyanyikan oleh Maui mengisahkan tentang kehebatannya, dan yang lainnya adalah lagu dengan bahasa lokal yang menurut saya sebuah penghargaan akan kebudayaan Polinesia.


Moana tampak bagus memang secara visual, menampilkan seorang putri, maksud saya anak kepala suku yang benar-benar belum pernah dilihat sebelumnya dari deretan Disney Princess. Tetapi segi jalan cerita terlalu familiar. Sisi positifnya para pembuat film telah memberikan inspirasi dengan budaya baru, sebuah budaya Polinesia tentang tradisi dan mitologi. Langkah maju keberhasilan Lilo & Stitch dan The Princess and the Frog, yang juga menampilkan karakter utama berkulit cokelat. Diulas oleh Pasko

Subscribe to this Blog via Email :