Wednesday, January 25, 2017

ULASAN: RESIDENT EVIL 'THE FINAL CHAPTER'




Bisa memakai aktor yang sama untuk membintangi 6 film box office dalam jumlah 16 tahun merupakan sebuah prestasi untuk Mila Jovovich. Vin Diesel yang dengan Fast Furious sudah mencapai 7 film sekalipun sempat absen disalah satu sequelnya. Dan sekarang tibalah diakhir sebuah saga Resident Evil yang diberi subjudul 'The Final Chapter'. Disutrdarai kembali Paul W.S Anderson yang hanya absen difilm kedua.


Tidak lama setelah Resident Evil: Retribution berakhir, peradaban manusia berada di ambang kepunahan setelah Alice (Milla Jovovich) dikhianati oleh Wesker (Shawn Roberts) di Washington D.C. Alice harus pergi menuju Raccoon City dimana Umbrella Corporation akan membuat persiapan untuk memusnahkan populasi manusia yang masih tersisa. Dalam usahanya untuk menyalamatkan umat manusia dan membasmi tuntas semua kerumunan zombie, Alice harus bekerja sama dengan seseorang yang berada di luar dugaannya.

Dalam misi terakhirnya untuk menyelamatkan umat manusia, di perjalanan Alice kembali bertemu Claire Redfield (Ali Larter) dan teman-temannya. Didesak oleh pengejaran yang dipimpin Dr. Alexander Isaacs (Iain Glen), Alice dan yang lainpun akhirnya bersama-sama menuju Racoon City.


Sejak film pertama, untuk penggemar gamenya pasti tahu jika versi filmnya keluar dari konteks utama gamenya yang full horror dibandingkan dengan filmnya lebih ke action. Jadi untuk penggemar game jika ingin menikmati versi filmnya harus melupakan terlebih dahulu cerita yang disajikan oleh gamenya, meskipun dalam versi film masih memasukan karakter-karakter yang kita kenal dalam game.


Di film terakhir ini, Paul WS Anderson seperti ingin memberikan penghormatan untuk gamenya. Beberapa mutasi-mutasi zombie yang cukup ikonik kita lihat dalam gamenya dimunculkan dalam film. Selain dari hal itu ? Selain adegan 'jump scare' kalau itu bisa disebut sebuah kelebihan, tidak ada yang sesuatu istimewa yang membuat film penutup ini sebagai penutup yang epik. Ya meskipun konsklusi akhir menjawab keseluruhan isi cerita film, tetapi jadi terasa menggelikan.

Film penutup ini menyajikan action yang masih menghibur, usahakan saja ketika menontonnya terlalu keras mencoba mengenai plot ceritanya dengan film-film sebelumnya jika tidak ingin sakit kepala. 







Subscribe to this Blog via Email :