Wednesday, April 5, 2017

ULASAN: RAID 'SPECIAL UNIT'



Bisa menonton film-film dari Perancis di bioskop-bioskop Indonesia adalah sesuatu hal yang langka. Meskipun tiap tahun selalu rutin diselenggarakan Festival Sinema Perancis, tetapi entah kenapa masih belum mempengaruhi distributor film lebih banyak membawa film Perancis ke Indonesia untuk bisa ditonton secara reguler di Indonesia. Padahal bisa dibilang Perancis kiblat dari film-film Eropa. Jikapun memang ada film-film Perancis yang sempat ditayangkan di bioskop-bioskop lokal sudah didubbing ke dalam bahasa Inggris. Benar-benar sangat meganggu kenikmatan dalam menonton. Jadi ketika mendengar kabar bahwa film dari Danny Boon, aktor komedi yang sudah sangat terkenal di negaranya, saya salah satu yang antusias. Jadi semoga rini pertanda baik kedepannya akan banyak film Perancis lainnya menyusul untuk ditayangkan di bioskop-bioskop lokal dan yang paling penting 'NO DUBBING'selain bahasa Perancis.


Kembali ke RAID'Special Unit'. Film yang disutradarai dan dibintangi sendiri oleh Danny Boon dan lawan mainnya Alice Pool. Bercerita tentang Johanna Pasquali (Alice Poll) seorang wanita muda yang memiliki satu tujuan hidup, bergabung dengan tim RAID, sekalipun hal itu tidak disukai oleh ayah dan tunangannya. Meskipun pemberani dan tak kenal takut, Johanna sangat ceroboh dan sering kali akibat kecerobohannya itu mengakibatkan kerugian bagi orang lain secara tidak disengaja.


Ayah Johanna yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Perancis memanfaatkan kekuasaan yang bisa dikendalikan  merencanakan sesuatu agar anak perempuan semata wayangnya bisa melupakan cita-citanya sebagai anggota RAID dengan cara memasukanya sebagai trainee. Johanna dan tim trainee lainnya (mayoritas pria) berada dibawah pimpinan Eugene Froissard ( Danny Boon) seorang  elite senior yang tegas tetapi mempunyai masalah asmara yang buruk. Eugene beranggapan jika wanita tidak seharusnya berada di tim RAID. Tetapi keberuntungan berpihak pada Johanna yang ternyata bisa lulus dengan nilai tertinggi dan menjadi anggota resmi RAID. Dengan segala serangn di Perancis, Eugene harus mengesampingkan rasa sinisnya kepada Johanna untuk bisa menghentikan rangkaian ancaman terror yang mengancam nyawa presiden dan para menterinya.


Film yang bergenre full komedi ini memang disengaja  membuat penonton mengendurkan urat syaraf dan tertawa sepanjang film berlangsung. Tidak akan aneh jika pernah menonton film-film Danny Boon sebelumnya yang sudah menjadi ladangnya. Adegan slapstik khas komedi akan banyak ditemui. Tetapi untungnya dengan plot cerita yang disajikan film ini tidak hanya sekedar film komedi slapstik kebanyakan yang punya alur cerita yang tidak jelas. Penampilan Alice Poll sebagai terlebih lagi yang memang sudah beberapa kali berpasangan dengan Danny Boon di film-film sebelumnya yang membuat penonton untuk tidak tertawa.

Film yang berjudul asli 'Raid Dingue' dalam bahasa Perancis ini memberikan jaminan penonton akan mengeluarkan tawa sampai ketika keluar dari studio. Salah satu pilihan film terbaik minggu ini yang bisa kamu tonton.







Subscribe to this Blog via Email :