Tuesday, July 25, 2017

BEGADANG FILMMAKING COMPETITION, KOMPETISI UNIK PRODUKSI FILM PENDEK




Begadang Filmmaking Competition adalah sebuah kompetisi pembuatan film pendek dengan skala Nasional yang diadakan Minikino. Kompetisi ini akan berlangsung pada 2 - 3 September 2017 yang merupakan rangkaian kegiatan yang mencapai puncak acaranya pada festival film pendek Internasional Minikino Film Week yang ke-3 di Bali pada 7 - 14 Oktober 2017.



Begadang Filmmaking Competition adalah kompetisi yang unik dan jarang terjadi di Indonesia. Keunikannya terletak pada persyaratannya, dimana para peserta akan membuat film berdurasi maksimal 5 menit dan membuatnya dalam waktu hanya 34 jam, terhitung mulai 2 September 2017 pukul 8:00 WITA sampai dengan 3 September pukul 18:00 WITA. Selama 34 jam para peserta akan melakukan proses pembuatan film pendek dari awal, mulai membangun cerita, merancang adegan, shooting dan merekam suara, kemudian segera melakukan proses editing.



Untuk menjamin bahwa film pendek tersebut memang benar-benar dibuat dalam jangka waktu yang ditentukan, elemen-elemen audio visual yang wajib tampil dalam film, dirahasiakan dan baru dibuka tepat pada tanggal 2 September 2017 pukul 8:00 WITA, sebagai penanda dimulainya Begadang Filmmaking Competition serentak di seluruh Indonesia.



Pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 20 Juli 2017 dan ditutup pada tanggal 25 Agustus 2017. Jumlah peserta Begadang Filmmaking Competition tidak dibatasi, namun hanya boleh diikuti sutradara yang memegang KTP atau passpor Indonesia. Bagi sutradara Indonesia yang masih dibawah umur, harus memiliki pendamping dewasa selama mengikuti jalannya kompetisi. Lebih lanjut, produksi juga harus dilakukan di wilayah Indonesia. Detail persyaratannya dapat dilihat di minikino.org/begadang.



6 finalis terpilih akan diundang ke Bali pada saat festival film pendek internasional 3rd Minikino Film Week berlangsung, yaitu 7 – 14 Oktober 2017 dengan menerima penggantian biaya sebesar 1 Juta rupiah dan akomodasi gratis selama 2 malam untuk hadir dalam malam penganugerahan Internasional pada tanggal 14 Oktober 2017. Dalam acara ini akan diumumkan film pendek terbaik pertama, kedua dan ketiga, memperebutkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.



Minikino Film Week pada tahun ketiga menghadirkan kompetisi unik ini dengan harapan optimis, untuk menghubungkan lebih banyak lagi para pembuat film pendek di Indonesia, serta menawarkan sebuah pengalaman produksi yang dapat dikenang. Begadang Filmmaking Competition 2017 menjadi catatan

Subscribe to this Blog via Email :