Monday, July 24, 2017

ULASAN: DUNKIRK




Sudah menjadi rahasia umum, sejak Christopher Nolan dikenal dengan Following, lalu menyusul ke 'Memento' dan lalu berlanjut ke trilogy The Dark Knight. Sejak saat itu juga, untuk kita penggemar film selalu menunggu dengan antusias dalam setiap film terbarunya. Selalu merasa ada hal baru yang kita dapatkan dalam setiap menonton film-filmnya. Following hingga Intertellar adalah bukti sahih-nya. Lalu bagaimanakah dengan Dunkirk ?. Film pertama Nolan yang diangkat dari kisah nyata.


Di masa Perang Dunia II, ratusan ribu tentara Sekutu dari Inggris, Prancis, Belgia dan Kanada terperangkap di pesisir pantai kota Dunkirk, Perancis. Tentara Nazi yang menguasai kota Dunkirk segera mengepung kota, dan melakukan pembantaian secara besar-besaran. Selama delapan hari, tentara sekutu Inggris harus berjuang untuk bertahan hidup dan berharap untuk sebuah evakuasi penyelamatan. Lalu dari tempat lainnya 3 pilot angakatan udara mencoba membantu evakuasi para tentara dapat berjalan lancar. Dan dari seberang laut lainnya. Para warga sipil dari Inggris merasa terpanggil untuk menjemput para tentara yang terkepung di Dunkirk menggunakan kapal laut sipil ke medan perang.


Dunkirk is intriguing. Perlu waktu untuk mencerna maksud Nolan memproduksi film ini. Karena sudah kidung mancintai Homeland (TV Series) yg mencekokiku bahwa sebuah film dg latar perang pastilah horor dlm artian tiap sisi adalah pihak yang kalah. Tapi Dunkirk tidak demikin. Nolan hanya memberi gambaran peristiwa evakuasi, bahkan pihak antagonis (Nazi/Jerman) tidak diperlihatkan. Nolan bermain di ranah medium: lumayan thrilling namun dgn drama yg sedikit.


Ada 3 adegan yg menyadarkan saya maksud Nolan memproduksi film ini: ketika pesawat karakter Tom Hardy yg berada di dekat pantai setelah memberikan perlawanan terakhirnya, ia diberi tepuk tangan; setelah kapal Moonstone menepi, karakter Jack Lowden memberikan tatapan dan senyum kecil kepada karakter Mark Rylance; ketika karakter Harry Styles & Fionn Whitehead menerima selimut dari pria buta yang mengatakan "well done"... Dr adegan2 itu, Nolan sedang mengajak kita untuk berterima kasih pada mereka yang dalam peperangan ini tak kita kenal namanya, tak kita ketahui jasanya, pada mereka yg tak sadar melakukan entah itu hal kecil atau hal besar telah menolong dan menyelamatkan orang lain. Itulah mungkin alasannya sebagian besar karakter di film ini tak kita ketahui namanya.


Diantara carut marutnya dunia, Nolan dengan kerendahan hatinya dan kelembutannya mengingatkan kita untuk mengucapkan terima kasih. Dan betapa kata itu sangat berarti untuk orang lain. Itulah mungkin alasannya pihak antagonis tak diperlihatkan dalam Dunkirk, supaya kita terfokus untuk mengingat jasa orang lain, tanpa menunjuk kesalahan orang.

(By Annisa Anugra)

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
July 26, 2017 at 9:52 PM delete

Mau nanya dong min nih film seharusnya ditonton distudio apa ya..? (Reguler atau imax)

Reply
avatar
Zul Guci
AUTHOR
July 27, 2017 at 4:28 PM delete

sangat direkomendasikan nonton di layar IMAX, agar lebih terasa maksimal experience nonton filmnya

Reply
avatar