Saturday, June 30, 2018

ULASAN: SICARIO 2 'DAYS OF THE SOLDADO'



3 tahun setelah film pertama, Sicario hadir sebuah sequel tanpa 2 orang sangat berpengaruh lewat film pertamanya. Yang pertama Emily Blunt sang pemeran utama dan kedua sutradara Denis Villeneuve. Jika di film pertama karakter Emily Blunt yang menjadi poros cerita, untuk sequel ini hal itu berpindah pada karekater Alejandro Gillick (Benicio Del Toro) dan Matt Graver (Josh Brolin). Untuk sutradara ada nama Stefano Sollima, sutradara asal Italia yang terakhir angkat nama lewat film drama-mafia 'Suburra'.


Mengambil setting beberapa tahun setelah kejadian film pertama, Alejandro (Benecio Del Toro) kembali disewa oleh agen lapangan CIA, Matt Graver (Josh Brolin) setelah terjadinya aksi bom bunuh diri di wilayah Kansas yang memakan banyak korban jiwa. CIA mencurigai jika kartel narkoba Meksiko terlibat dalam hal ini. Alejandro ditugaskan untuk memulai perang dengan para kartel narkoba Meksiko yang sedang bertikai. Kini ia ditugaskan dengan cara menculik Isabela Reyes (Isabela Moner), anak perempuan dari bos pengedar narkoba Carlos Reyes. Namun ketika misinya tersebut bocor, Graver memerintahkan Alejandro melenyapkan Isabela. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh sang pembunuh berdarah dingin tersebut. Alejandro dan Isabella pun mencoba jalan keluar agar  mereka berdua bisa selamat diantara kejaran CIA dan musuh-musuh ayah Isabel.


Jauh lebih besar, itulah tiga kata yang mewakili sequel Sicario ini. Mencoba memasukan unsur teroris untuk prolog ceritanya. Adegan pembuka saat ledakan bom bunuh diri benar-benar membuat kita bergidik, hal yang langsung sangat mengingatkan kita dengan film pertamanya saat karakter Emily Blunt melakukan sebuah penyergapan pada sebuah rumah. Meskipun film berdurasi dua jam lebih, jangan sangka tone filmnya cukup lambat, malah penonton harus fokus untuk menontonnya karena penonton tidak akan diberikan waktu untuk bisa memahami apa yang baru saja disaksikan, terlebih dalam hal dialog. Walaupun sepertinya film ini berdiri sendiri tanpa harus menonton film pertamanya, tetapi sangat disarankan untuk nonton film pertamanya terlebih dahulu karena beberapa dialog sangat mengarahkan ke film pertamanya.


Seperti yang sudah disinggung diatas, poros cerita akan berpusat pada Alejandro dan Matt yang benar-benar memegang kendali. Karakter mereka jauh lebih kuat dibandingkan film pertama yang saking kuatnya kehadiran pemain lain hanya sekedar pemanis. Bagian-bagian terbaik dalam film ini buat saya ada pada dialog-dialog Alejandro- dan Matt dan hal itu nilai plus diberikan kepada penulis naskah Taylor Sheridan yang juga menulis film pertamanya.


Dengan ending yang menggantung, sepertinya sudah dipastikan Sicario akan menjadi sebuah trilogi. Sicario pertama tetap yang terbaik, tapi Sicario 2 'Days Of The Soldado' punya kekuatan sendiri, terutama untuk Benicio Del Toro dan Josh Brolin yang mengeksplorasi karakter yang mereka perankan lebih jauh lagi yang sangat sayang jika kamu tidak menontonnya. Kita tunggu bagaimana film ketiga nanti yang rumornya Emily Blunt akan kembali memerankan karakternya sebagai penutup trilogi Sicario.

Subscribe to this Blog via Email :