Saturday, July 21, 2018

ULASAN: MAMMA MIA! HERE WE GO AGAIN




Pada tahun 2008, sebuah film musikal yang sangat menyenangkan dan mampu membuat para penonton menyanyi bersama telah lahir, Mamma Mia! Saat itu film Mamma Mia! menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan film musikal dari segi komersil dan juga kualitas. Didukung dengan banyaknya para aktor dan aktris yang sudah tidak diragukan lagi dalam dunia akting, Mamma Mia! kini kembali melanjutkan kisah suksesnya dalam judul Mamma Mia! Here We Go Again.



Sebuah pilihan yang cukup beresiko, mengingat dengan rentang 10 tahun film pendahulunya telah berlalu. Apalagi bioskop saat ini sudah dikuasai dengan generasi Taylor Swift dan Justin Beiber yang tentunya sangat asing apabila mendengar sebuah band legendaris, ABBA. Akan ada banyak hal-hal yang harus disesuaikan untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini.



Tetapi apakah hal itu yang akan dilakukan oleh Ol Parker dan tim? Tampaknya tidak. Ol Parker sangat yakin dengan filmnya ini yang mampu membius semua penonton ketingkat nostalgia yang tak terbendung lagi. Seperti kisah nostalgia yang diceritakan oleh Tanya (Christine Baranski) dan Rosie (Julie Walters) kepada Sophie (Amanda Seyfried) mengenai kisah ibunya Donna (Meryl Streep) yang harus memilih jalan hidupnya sendiri dan hanya ditemani oleh Sophie yang masih di dalam kandungan.



Dikisahkan Donna muda (Lily James) usai menyelesaikan pendidikannya, berencana untuk melihat dunia yang luas ini. Dia mengunjungi Eropa dengan sejuta kecantikannya. Menuju Paris dan tentu saja berlabuh kesalah satu pulau terindah di Yunani, Pulau Kalokairi (pada kenyataannya, tidak ada nama pulau Kalokairi di Yunani, Kalokairi sendiri berarti “MusimPanas”). Penasaran bagaimana kisah Donna bertemu Harry (Hugh Skinner), Bill (Josh Dylan) dan Sam (Jeremy Irvine) muda?



Di kisah lain, 5 tahun setelah cerita Mamma Mia! Sophie merasa kehilangan sepeninggal ibunya yang telah tiada 1 tahun yang lalu. Selain itu dia sedang galau karena hubungannya dengan Sky (Dominic Cooper), suaminya yang masih belum menentukan untuk menetap di Kalokairiatau di New York ditambah lagi dia ingin melanjutkan cita-cita ibunya membangun sebuah resort penginapan bernama Bella Donna bersama ayahnya Sam (Pierce Brosnan). Lalu apakah Sophie bisa melanjutkan keinginan Ibunya tanpa Sky disampingnya ? Dan bagaimana kisah Donna muda?Apakah terjawab siapa ayah kandung Sophie sebenarnya? Atau tetap masih misteri yang belum terungkap?





Yup, kisah Mamma Mia! Here We Go Again memberikan sebuah cerita yang sederhana tetapi unik karena dalam 1 film, kisah ini lengkap memenuhi prekuel dan sekuel dari film pertamanya. Tampakanya Ol Parker tau bagaimana cara mengatasi generasi Justin Bieber dengan memberikan peran dalam cerita prekuel Donna muda. Lily James dan Jeremy Irvine tentulah menjadi garda terdepan.



Berperan sebagai Donna Muda, Lily James benar-benar mencuri perhatian. Kita akan terpukau dengan suara indahnya di hampir setiap lagu yang dianyanyikan, terutama lagu Mamma Mia! bersama para band The Dynamos. Sosok perempuan muda tangguh dan lincah yang haus akan petualangan berhasil ditampilkan oleh Lily James. Sangat serupa dengan Meryl Streep dalam film pertama. Lalu bagaimana dengan Jeremy Irvine? Sebagai Sam muda yang gagah dan ingin merasakan lebih hidup lagi dari kepenatan kehidupan yang monoton mampu membius Donna bahkan penonton wanita lainnya terpukau.



Selain memanjakan mata melalui pemeran muda yang cantik dan tampan, film ini juga dimanjakan dengan pemandangan-pamandangan indah yang ada di pulau Kalokairi (atau dalam peta sebenarnya bernama pulau Skopelos). Pulau ini menjajakan pemandangan indah pantainya, dan beberapa desa-desa kecil yang menjadi pelepas dahaga dari petualangan Donna Shediran.

Keasyikan lainnya di film ini tentu saja semua lagu ABBA yang disajikan dari para pemainnya. Dalam film ini ada beberapa lagu ABBA yang tidak ditampilkan di film pertama, seperti lagu pembuka When I Kissed The Teacher, lalu One of Us, dan beberapa lagu sepertiI Wonder, Why Did It Have To Be Me?, Kisses Fire, Andante Andante, Knowing Me Knowing You, I’ve Been Waiting For You, Fernando, My Love My Life, dan The Day Before You Came. Tetapi jangan khawatir juga lagu sakral Mamma Mia!, I Have A Dream dan Dancing Queen tetap ada di film ini dan dengan penggambaran yang semakin membuat penonton ingin bernyanyi bersama.

Para aktor dan aktris senior pun masih setia memerankan perannya mereka masing-masing.Tentu saja the Dynamos tua yang diperankan Christine Baranski dan Julie Walters mampu memberikan potongan guyonan-guyonan lucu. Belum lagi keluguan Colin Firth yang berperan sebagai Harry tua dan kisah Bill (Stellan Skarsgard) yang dilanda pubertas kedua setelah bertemu dengan Rosie. Di peghujung cerita, munculah sang legenda, sang diva yang menyaksikan langsung kesuksesan ABBA itu sendiri, Cher. Cher datang sebagai Ruby nenek Sophie yang tak pernahdatang.

Ol Parker mampu membalut sebuah film yang memang layak ditunggu selama 10 tahun, kisah sederhana tidak bertele-tele yang penuh resiko tetapi tepat sasaran. Seperti halnya kisah Donna muda dan Sophie yang harus menempuh resiko menjalani hidupnya untuk mewujudkan impiannya, dan cocok menjadikani nspirasi bagi banyak wanita.













Subscribe to this Blog via Email :