Monday, August 13, 2018

ULASAN: THE EQUALIZER 2




Sukses dengan film pertamanya, Denzel Washington dan sutradara Antoine Fuqua untuk keempat kalinya kembali bekerjasama dalam satu film setelah Training Day, The Magnificent Seven dan The Equalizer pertama. Dalam sequel yang menceritakan tentang seorang veteran agen rahasia yang bisa tiba-tiba menjadi vigilante ketika tidak bisa diam saja ketika melihat ketidakadilan yang terjadi dilingkungannya. Dalam sequel ini sendiri plot cerita akan lebih luas dibandingkan film pertamanya. Jika di film pertama plot cerita terbatas pada lingkungan tempat karakter Robert McCall (Denzel Washington), maka untuk sequel ini akan menguak masa lalu sang vigilante lebih dalam lagi ketika sahabat terdekatnya sejak aktif sebagai agen tewas terbunuh. Nama-nama Melissa Leo, Bill Pullman dan Pedro Pascal ikut meramaikan jajaran cast sequel ini.



Setelah event film pertama, Robert McCall (Denzel Washington) yang seorang mantan agen rahasia melanjutkan kehidupan sehari-harinya dan selalu berusaha memberikan keadilan bagi orang yang membutuhkannya. Hingga suatu ketika ia mengetahui bahwa sahabat lamanya, Susan Plummer (Melissa Leo) menjadi korban pembunuhan dengan kedok perampokan. Bagi McCall, ini adalah panggilan perang. Kini ia mencari tahu siapa yang telah membunuh temannya itu untuk membalaskan dendam yang kembali mempertemukannya dengan teman lamanya semasa aktif menjadi agen Dave York (Pedro Pascal).


Sama halnya dengan film pertama yang menjadi daya tarik The Equalizer adalah action laga yang sangat brutal dan sangat mematikan akan sering terlihat juga pada sequel ini. Meskipun plot cerita jauh lebih luas, tapi The Equalizer 2 tidak meninggalkan esensi utama ceritanya, antara Robert McCall dengan lingkungannya, yang membuat alur cerita terbagi dua poros. Yang pertama Robert McaCall dengan lingkungannya yang diwakili hubungannya dengan seorang remaja kulit hitam Miles Whitaker (Ashton Sanders) yang terpengaruh lingkungan buruk, lalu yang kedua Robert McCall dengan dendamnya. Hal cukup beresiko yang membuat ceritanya tidak fokus, tetapi untungnya kedua hal itu menjadi berkesinambungan yang makin memperkuat tokoh atau karakter Robert McCall dan penonton merasa peduli dengan karakter-karakter lain, bahkan karakter Fatima yang berdarah muslim sang pemilik bangunan tempat McCall dan Miles tinggal yang tidak terlalu banyak porsi adegan masih mampu memancing rasa peduli penonton.


Sequel yang tidak berbeda jauh dengan film pertamanya selain plot cerita yang lebih luas. Ini bagaimana kamu menyukai dengan film pertamanya atau tidak. Kamu akan sama menikmati sequel ini jika kamu suka dengan film pertamanya. Kalaupun belum nonton film pertamanya sendiri juga tidak masalah karena film pertama dan kedua bisa berdiri sendiri. Jika masih butuh refrensi pembanding film ini seperti John Wick atau Jack Reacher. Jika masih butuh alasan lagi apa yang menjadi alasan untuk menonton film ini ? Jawabannya adalah Denzel Washington yang tidak pernah bosan melihat aktingnya disetiap film yang dia bintangi

Subscribe to this Blog via Email :