Wednesday, October 31, 2018

ULASAN: HUNTER KILLER




“Did we just start a war?”

Pertanyaan itu diajukan XO Brian Edwards (Carter MacIntyre) kepada Kapten Joe Black (Gerard Buttler) saat kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat terpaksa berhadapan dengan Angkatan Laut Rusia di tengah situasi genting di Samudera Arktik.



Berawal ketika kapal selam kedua negara tersebut tenggelam secara misterius dengan selang waktu singkat, Admiral Charles Donnegan (Gary Oldman) dari Angkatan Laut Amerika Serikat menugaskan kapal selam perang jenis ‘hunter-killer’ dengan Kapten Joe Black untuk menyelidiki kasus itu. Di sisi lain, pihak Rusia yang dipimpin oleh Admiral Dmitri Durov (Michael Gor), sangat berambisi untuk melakukan serangan balik terhadap pihak Amerika Serikat. Kepemimpinan Kapten Joe Glass diuji untuk memecahkan dan menemukan penyebab konflik yang dapat memicu Perang Dunia III.



Hunter Killer menggambarkan ketegangan dan situasi penuh tekanan yang hadir dalam dunia kapal selam dalam angkatan laut. Peperangan dalam lautnya sedikit banyak mengingatkan pada The Hunt of Red October (1990) dan mengobati kerinduan pada film aksi perang yang berbeda dari biasanya. Beban berat sebagai pengambilan keputusan diperankan baik oleh Gerard Butler (Olympus Has Fallen, RocknRolla). Ia dapat menghadirkan karakter Kapten Joe Glass yang penuh pengalaman dan mengenali seluk-beluk kapal selam serta laut sepanjang hidupnya, juga idealisme untuk melakukan hal yang benar. Akting meyakinkan juga terlihat dari mendiang aktor Swedia, Michael Nyqvist (John Wick, Mission Impossible - Ghost Protocol) dalam salah satu peran terakhirnya, sebagai Kapten Sergei Andropov. Sayangnya, aktor kaliber Oscar Gary Oldman (Darkest Hour, The Dark Knight Rises)hanya mendapatkan sedikit screen timedalam film ini.



Film besutan Donovan Marsh (Avenged, Spud) ini diangkat dari novel karya George Wallace dan Don Keith, Firing Point (2012). Hunter Killer memfokuskan pada aksi peperangan dalam laut yang terbangun seru dan menegangkan. Konflik yang semakin memanas juga menghadirkan twist yang menarik. Jika menggemari film aksi perang, film ini bisa jadi sajian yang seru untuk dinikmati.

Overall: 7,5/10

(By Ayumurti)

Subscribe to this Blog via Email :