Thursday, October 4, 2018

ULASAN: ON YOUR WEDDING DAY









Pernahkah mendengar bahwa laki-laki sangat sulit melupakan cinta pertamanya? Bahkan untuk move-on dari cinta pertama mereka butuh waktu yang sangat lama. Saking susahnya untuk move-on terkadang mereka suka membanding-bandingkannya dengan cinta pertama mereka, bahkan bisa jadi CLBK lagi dengan cinta pertama mereka. Walaupun si ‘cinta pertama’-nya ini sudah melanjutkan hidupnya dengan yang lain. Inilah gambaran kisah dalam film On Your Wedding Day. Sebuah film yang menceritakan cinta pertama seorang cowo hingga dia menjadi seorang pria. Susah move-on dari cinta pertamanya.




Dikisahkan seorang laki-laki bernama, Hwang Woo-Yeon (Kim Young-Kwan) yang tidak punya masa depan karena dia sangat suka berbuat keonaran dengan berkelahi hampir tiap hari di sekolahnya. Yeon, adalah cowo yang suka membaca buku dan majalah aneh serta bermain video game semasa mudanya. Namun kehadiran siswi pindahan bernama Hwan Seung-Hee (Park Bo-Young) mengubah dirinya. Yeon langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Yeon mengikuti semua permintaan Seung-Hee termasuk untuk tidak lagi menjadi berandalan sekolah.



Seung-Hee pun lama-kelamaan mulai empati dan simpati pada Yeon, muncul benih-benih cinta dari dalam dirinya. Tetapi mereka masih belia, masih remaja SMA yang belum tau arah kemana cinta ini akan berlanjut. Keadaan keluarga Seung-Hee yang cukup tidak baik memaksanya dia untuk pergi dari tempat dia sekarang. Seung-Hee dan Yeon terpaksa berpisah padahal cinta mereka masih bersemi di hati mereka masing-masing. Terutama Yeon yang masih amat sangat menyukai Seung-Hee.




Beberapa tahun berlalu, Yeon memutuskan bekerja dalam usaha waralaba makanan cepat saji. Saat itu teman karibnya sejak SMA Ok Geum-Nam (Kang Ki-Young) sedang berusaha mati-matian untuk masuk Universitas Negeri ternama di Seoul datang meberitahukan bahwa dia akan berhasil masuk ke salah satu Universitas tersebut. Tanpa sengaja Yeon melihat Seung-Hee dalam selebaran Universitas Hankook yang ada di Seoul. Dia pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti jejak Geun-Nam, masuk ke Universitas Hankook di Seoul demi mengejar Seung-Hee. Apakah Yeon berhasil menjadi mahasiswa di Universitas Hankook? Apakah dia bisa berhasil bertemu kembali dengan Seung-Hee dan mendapatkan kembali cintanya? Lalu bagaimana kehidupan Seung-Hee setelah beberapa tahun berpisah dari Yeon?




On Your Wedding Day adalah sebuah film yang bisa dibilang sangat ‘cute’, bagaimana cerita berjalan dengan alur sangat enak diikuti dengan bumbu-bumbu komedi yang mengingatkan kita pada masa remaja SMA bahkan masa kuliahan. Apalagi kisah cinta monyet / cinta pertama yang memang sangat manis sekali untuk dilupakan. Menjelang 1/3 akhir, cerita berubah menjadi sebuah kisah yang serius dan sangat romantis karena mengikuti kehidupan Yeon dan Seung-Hee yang sudah beranjak dewasa.



Kim Young-Kwan menjadi nyawa dalam film ini, pria super jangkung ini benar-benar memerankan Yeon dengan sangat apik. Dia menjadi narrator karena kisah berdasarkan narasi dari Yeon. Metamoforsanya dari yang berandalan, menjadi cowo penurut, lalu lanjut menjadi laki-laki yang berkeinginan kuat mengejar cintanya hingga akhirnya menjadi pria dewasa yang memikirkan masa depannya. Apakah jalan yang sudah dia tempuh itu benar? Apakah mengejar cinta pertamanya (Seung-Hee) sampai 10 tahun adalah keputusan yang tepat? Metamoforsa karakter ini sangat halus diperlihatkan hingga penonton pria akan berpikir ulang lagi seperti yang dilakukan oleh Yeon. Terutama seorang pria yang belum berkeluarga.



Sedangkan Park Bo-Young, seperti biasa, dia menjadi cewe imut yang bakalan disukai oleh banyak cowo ketika masa remajanya. Dan menjadi seorang yang berpendirian tegas ketika masa dewasanya. Tidak begitu banyak perubahan dalam diri Seung-Hee. Tetapi sebuah kenyataan bahwa karena Seung-Hee – lah kisah ini berjalan mengikuti cerita Yeon yang mengejar cinta pertamanya. Kemistri keduanya sangat baik sekali, terjalin dengan sangat alami dan agi-lagi membuat para penonton ingin merasakan enaknya pacaran ketika mereka baru saja jadian.



Dari sinematografi, sudah jelas bahwa setiap film Korea Selatan, apapun jenis dan genre-nya harus menjual kebudayaan atau keindahan alam Korea Selatan. Dalam On Your Wedding Day pun kita akan banyak disuguhi tembakan-tembakan gambar yang cantik untuk mempromosikan Korea. Selain itu tidak ada yang spesial dan visual.



Dari segi soundtrack lagu-lagu romantis dan cute jelas menjadi andalan dalam film ini , bahkan Park Bo-Young sendiri mengisi salah satu lagu untuk film ini berjudul Listen To Me. Suaranya yang bening menjadi penutup film yang memberikan kesan mendalam setelah menonton filmnya sampai akhir, dengan ending yang membuat orang (terutama pria) berpikir, “aaakkhh… seperti inikah seharusnya? Apakah gw bisa move-on, melanjutkan dengan kisah cinta selanjutnya?”




Film ini ternyata debut pertama sutradara Lee Seok Geun. Dia mampu menggarap film ini seakan-akan dia memberikan semua kisah cinta pertamanya untuk bangkit kembali. Kisah dijalin dengan rajutan-rajutan cerita yang sederhana tetapi enak ditonton oleh banyak khalayak. Bukan hanya untuk penonton perempuan, laki-laki / pria pun akan menyukai film romantis yang tidak ‘menye-menye’ ini. Karena kisah ini memang sangat dekat sekali dengan cerita serang cowo yang susah berlanjut dari cinta pertamanya. Sebuah cerita cinta pertama yang sangat sulit dilupakan bagi seorang pria.

Overall: 8,5/10

(By Ibnu Akbar)









Subscribe to this Blog via Email :