Wednesday, November 28, 2018

CATATAN NOBAR MOVIE MAGIC 2018






Movie Magic adalah istilah untuk nonton bareng film-film Wizarding World of JK Rowling yang diadakan oleh komunitas Indo Harry Potter (IG/Twitter: @indoharrypotter). Indo Harry Potter (IHP) sudah melakukan nonton bareng sejak film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004). Kali ini, IHP menggelar Movie Magic bekerja sama dengan Gila Film. Berkat kerja sama ini, IHP daat menggelar Movie Magic di 5 kota besar: Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Makassar.



Movie Magic di Jakarta dilaksanakan pada tanggal 18 November 2018, pukul 09.00-14.00 di CGV Grand Indonesia. Penontonnya berjumlah 535 orang, menempati Studio 1 CGV GI, sebagai studio terbesar di Indonesia. Sejak akhir September, tiket sudah terjual habis di Book My Show. Movie Magic berbeda dengan nonton bareng pada umumnya, yaitu peserta mendapatkan goodie bag spesial bertema Wizarding World of JK Rowling yang tidak dijual umum. Hal ini menjadi barang eksklusif peserta.



Goodie bag kali ini dibedakan menjadi 3 berdasarkan harganya: Knut, Sickle, dan Galleon. Para pecinta Harry Potter pasti sudah tida asing dengan nilai mata uang dunia sihir tersebut. Paket Goodie Bag termurah adalah Knut sebesar Rp.100.000 , peserta mendapatkan: tiket nonton, paper bag IHP, gantungan kunci Niffler, kartu pos Newt, Notes Newt, dan magnet kulkas Wizarding World. Knut memang sengaja tetap diadakan agar semakin banyak yang bisa menjadi peserta Movie Magic. Paket Sickle adalah paket yg paling banyak pesertanya, dengan harga paket Rp.150.000. Peserta mendapatkan tiket nonton, tote bag, bantal Niffler, lanyard IHP, magnet Wizarding World, dan kartu pos Newt. Paket paling ekslusif adalah Galleon dengan harga Rp.300.000. Peserta mendapatkan tiket nonton, boneka Occamy, kaos Movie Magic, enamel cup Fantastic Beasts, lanyard IHP, magnet Wizarding World, dan kartu pos Newt.



Selain goodie bag spesial tersebut, Movie Magic selalu memberikan pengalaman nonton bareng yange mengesankan dengan games dan rangkaian acaranya (termasuk lomba cosplay dan video competition). Ada dua jenis game pada Movie Magic 2018: Crimes of Grindelwald dan Carnaval. Para pemenang games, cosplay maupun video competition mendapatkan hadiah yang sangat keren dari sponsor-sponsor Movie Magic 2018. Misalnya saja pemenang video competition mendapatkan hadiah Funko Occamy (seharga Rp.1.200.000) dari @funkoholic.id. Begitu juga dengan para pemenang cosplay, selain mendapatkan berbagai jenis Funko, mereka mendapatkan uang tunai dari PT Mega Kreasi Digital (untuk juara 1), voucher makan dari Majalah Japon untuk juara 2 dan 3, buku-buku dari Gramedia Pustaka Utama dan Periplus, bag tag Hogwarts dari @magicali_ , sabun dari @onceuponasoap, dan poster film dari WBI. Para cosplayer bersaing tidak peduli usia. Pemenang pertamanya berusia 5 tahun (@aza_yaka ) !



Selain video competition dan cosplay, acara juga diisi dengan games. IHP sudah sering membuat games yang terinspirasi dari dunia sihir JK Rowling. Games kali ini adalah Crimes of Grindelwald (sesuai dengan sub judul film) dan Carnaval. Pada games Crimes of Grindelwald diminta untuk berfoto di spot-spot yang sudah ditentukan sesuai tindakan kriminal Grindelwald yang diminta digames tersebut. Lalu peserta mem-posting foto-fotonya sesuai urutan tindak kejahatan yang dilakukan oleh Grindelwald. Sedangkan games Carnaval adalah rangkaian games yang biasa ada di karnaval/sirkus (sesuai salah satu adegan dalam film), yang terdiri atas 3 permainan: Angry Occamy (lempar tangkap boneka Occamy),Throw The Spell (lempar bola pingpong ke dalam gelas), dan Catch The Niffler (lempar gelang untuk dimasukkan ke tangan pasangan bermain).Para pemenang games mendapatkan hadiah-hadiah bertema Wizarding World dari @kelontongsihir (boneka Occamy), @ayaveelashop (wand Queenie), @thestorecerer (tumblr Hufflepuff), dan @dmc173 (banner asrama Hogwarts).



Beragam pendapat para peserta Movie Magic 2018, salah satunya dari @ratridp :” Euforianya seru, gamesnya makin kreatif, banyak momen berkesan. Namun dari segi tempat, prefer di Epicentrum, karena lebih terasa guyub. Goodie bag-nya jujur lebih menarik yang Movie Magic 2016.”

Nobar Movie Magic Jakarta

Selain di Jakarta, Movie Magic juga dilaksanakan di Bandung, Solo, Surabaya, dan Makassar. Movie Magic di Bandung dilaksanakan pada tanggal 14 November 2018 (pukul 19.00 WIB) di XXI Cihampelas Walk, diikuti oleh 25 peserta. Pendapat salah satu peserta: “Ya walau saya ga ikut Movie Magic Jakarta, tapi ga nurunin semangat buat nobar. Menurut saya, waktu kemarin udah terorganisir ya teknis pelaksanaanya, konsisten dengan apa yang telah disepakati, dan akang tetehnya baik-baik, ramahlah pokoknya.”

Nobar Movie Magic Bandung



Peserta di Solo berjumlah 9 orang, mereka melaksanakan Movie Magic pada tanggal 17 November 2018 (pukul 19.00) di XXI Solo Paragon. Tanggapan peserta: “Nobar Fantastic Beasts seru! Peserta nobar juga sangat antusias. Tambah seru karena ada beberapa yang cosplay atau membawa tongkat sihir sendiri. Nobar kali ini beda, karena penggemar Fantastic Beasts/Harry Potter seperti sudah punya ikatan yang kuat dengan filmnya, membuat nobar tambah meriah.

Nobar Movie Magic Makassar

Surabaya mengadakan Movie Magic di waktu yang sama dengan Solo, yaitu tanggal 17 Novber 2018 (pukul 19.00 WIB), di XXI Tunjungan Plaza. Peserta yang ikut berjumlah 20 orang. Kesan mereka: “Nobarnya seru, seneng banget bisa ketemu sesama Potterhead! Apalagi dari kecil biasanya nonton Harry Potter sendirian, FB 1 juga sendiri. Jadi pas kemaren bisa nobar FB tuh kayak ‘finally aku punya temen Potterhead’  . Semoga bisa ketemu sesama Potterhead di nobar-nobar selanjutnya.

Nobar Movie Magic Solo

Walaupun menjadi kota terakhir pelaksanaan Movie Magic 2018, Makassar tidak kalah serunya. Dilaksanakan di XXI Nipah Mall, pada tanggal 18 November 2018 (pukul 19.00 WITA), peserta dari Makassar berjumlah 13 orang. Kesan salah seorang peserta: “Exited banget, karena sebelumnya tidak ada yang namanya nonton bareng Potterhead. Seru aja karena bisa saling ketemu dan saling kenal. Dan saya masih mau nobar lagi for the next chapter”. Begitulah tanggapan dari peserta-peserta luar kota, Oh ya mereka juga mendapatkan paket kaos Movie Magic (bagi yang memesan).

Nobar Movie Magic Surabaya


Terima kasih kepada 16 panitia luar biasa ( @arvisha @justastrin @dalairphiare @ismantohadi @nayott_ @zulguci @sevannisa @rullydecade @spdiaz_t @bulandini @nindha @nicogiftano @teguhmei @ayuphs , Rany, dan Desy) yang berkomitmen untuk menyukseskan acara di Jakarta sejak bulan Mei 2018. Terima kasih juga untuk 7 panitia hebat dari Bandung (@riantifebb dan Ary dari @gilafilmbdg ), @mulletoh dari Solo, @yohanaleba dan @vistahermawati dari Surabaya, serta @yuanggi dan Andi dari Makassar. Terima kasih sister communities yang telah hadir di Movie Magic 2018 : @gilafilm , @gameofthrones.indonesia @eorlingas_id @portalpnfi dan @indostartrek . Tidak lupa terima kasih juga untuk seluruh anggota komunitas @indoharrypotter baik dari Jakarta maupun dari @ihp_bekasi @ihp_tanggerang dan @ihp_bogor yang telah menyihir CGV Grand Indonesia dengan mantra Patronus sehingga menimbulkan kebahagiaan yang tak terkira. Sampai jumpa pada Movie Magic 2020!

Merchandise Nobar Movie Magic

(By Aisyah Syihab)

Subscribe to this Blog via Email :