Thursday, December 20, 2018

ULASAN: BUMBLEBEE





Tidak seperti saudaranya G.I. Joe yang sama-sama kreasi dari Hasbro, Trasnformers adalah franchise yang jauh lebih menguntungkan dalam hal profit. Terbukti 5 film Transformers versi live actionnya yang disutradarai oleh Michael Bay semuanya masuk dalam 10 film berpenghasilan tertinggi di tahun masing-masing film itu rilis. Tetapi sayangnya dari keseluruhan hasil finansial yang menguntungkan itu tidak pernah berjalan seiring dengan respon positif yang bisa didapatkan lewat penonton ataupun kritikus. Hampir setiap filmnya selalu menjadi langganan film terburuk di ajang Razzie Awards. Mencoba hadir dengan format terbaru, Transformers sudah bersiap dengan era yang baru dan itu dimulai dari spin-off yang sudah lama direncanakan lewat karakter Bumblebee.


Travis Knight yang angkat nama sebagai sutradara Kubo and The Two Strings (2016) memimpin film Bumblebee ini dengan skenario yang dikerjakan oleh Christina Hodson yang saat ini  juga mengerjakan naskah film DC Comics 'Birds Of Prey'. Michael Bay masih terlibat dalam film ini, hanya saja posisinya sebagai produser. Lalu Hailee Stainfeild dan John Cena nama yang akan menjadi daya tarik lebih membintangi film Bumblebee ini.


Bersetting California di tahun 1987. Bumblebee adalah prequel langsung dari film pertamanya ketika perperangan di planet Cybertron antara Autobots dan Decepticon memuncak yang membuat Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime harus mundur dan melarikan diri. Dan Bumblebee ditugaskan untuk melarikan diri ke bumi sekaligus mempersiapkan markas Autobots tanpa terdektesi oleh Decepticon. 


Pelarian Bumblebee mempertemukannya dengan Charlie Watson (Hailee Steinfeld), seorang gadis yang baru saja berulang tahun ke-18 mencoba mencari mobil pertamanya di sebuah tempat penjualan barang bekas. Bumblebee yang dalam penyamarannya di bumi dalam bentuk VW Beetle berwarna kuning secara perlahan menjalin persahabatan dengan Charlie. Persahabatan yang damai itu mulai terganggu dan menjurus ke dalam bahaya besar ketika pemerintah mencium keberadaan Bumblebee yang dianggap sebuah ancaman. Dan kejaran pemerintah hanyalah salah satunya. Bahaya lebih besar lagi datang dari Decepticon yang memburu para Autobots dari planet ke planet dan salah satu planet yang akan dituju adalah Bumi.



Salah satu hal yang membuat penonton sangat tertarik menonton Bumblebee adalah format bentuk robot-robot Transformers kembali pada bentuk klasik seperti yang ada dalam serial animasinya. Memnacing rasa nostalgia dan visual penampakan robot-robot dengan konsep klasik memang sangat luar biasa. Opening perperangan di planet Cybertron sudah sangat menarik perhatian penonton sampai adegan ketika Bumblebee diserang oleh Starscream di Bumi.


Tetapi hanya sampai itu, ketika sudah mulai diperkenalkan karakter Charlie kita akan merasakan banyak dejavu ketika menonton Transformers pertama lewat karakter Sam WitWicky (Shia LaBeouf). Remaja yang tidak populer yang mempunyai masalah berinteraksi. Kebanyakan dejavu itu untungnya tidak membuat penonton bosan. Ulah Bumblebee dengan lugunya akan memancing tawa penonton ditengah-tengah lelucon garing dari dialog-dialog karakter para manusianya. Mungkin dari beberapa dari penonton akan mulai mempertanyakan kenapa Bumblebee mendapat respon yang sangat luar biasa dari kritikus dengan konsep cerita yang hampir sama dengan Transfomers pertama.


Untuk secara keseluruhan, Bumblebee hampir mempunyai background cerita yang sama dengan Transformers pertama tanpa battle dua kubu yang jauh lebih besar yang rasanya lebih cocok disebut sebagai reboot dibandingkan prequel. Karena jika ini masih dianggap sebuah prequel akan banyak menemui tidak konsistennya plot cerita sebagai jembatan ke film Transformers pertama. Masih sangat menghibur, terlebih jika kamu belum pernah menonton film-film live action Transformers sebelumnya. Tetapi jika disebut lebih baik dari pada film-film Transformers sebelumnya terutama film pertama ? Sepertinya hal itu masih perlu diperdebatkan.

Overall: 6/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :