Friday, December 28, 2018

ULASAN: MARY POPPINS RETURNS





Mary Poppins Returns! Kabar gembira bagi seluruh anak di dunia, bahkan juga untuk yang kini bukan anak-anak lagi. Siapa yang tidak kenal Mary Poppins? Pengasuh anak berkekuatan magis, tokoh ciptaan Pamela Lyndon Travers, yang kemudian hak ciptanya dibeli oleh Walt Disney, dan dibuat filmnya pertama kali pada tahun 1964. Julie Andrews sangat sukses memerankan nanny ajaib anak-anak Mr Banks pada film tersebut. Film ini identik dengan banyak lagu indah yang membuat penonton ingin ikut bernyanyi dan menari, serta perpaduan antara tokoh manusia dan karakter animasi. Mary Poppins kembali hadir untuk menyambut natal 2018!



Apa kabar anak-anak keluarga Banks? Apakah Michael dan Jane Banks sudah menjadi manusia dewasa yang sukses, sesuai didikan Mary Poppins? Mary Poppins (kini diperankan oleh Emily Blunt ) datang kembali ke Jalan Cherry no. 17, untuk menengok anak-anak asuhnya yang kini telah dewasa, setelah 20 tahunan berpisah dari mereka. Michael Banks (Ben Whishaw) sudah memiliki 3 orang anak (John - Nathanael Saleh, Annabel – Pixie Davies, dan George – Joel Dawson), sementara istrinya sudah wafat. Kepergian sang istri membuat hidup Michael tidak karuan. Untungnya, sang adik, Jane (Emily Mortimer) bersedia membantu merawat para ponakan.



Peristiwa yang dihadapi keluarga Banks yang paling berat adalah ancaman penyitaan rumah mereka, jika Michael tidak berhasil melunasi hutangnya. Satu-satunya cara untuk melunasi hutang tersebut adalah dengan menjual sertifikat saham yang dimiliki oleh Mr Banks (ayah Michael). Sayangnya sertifikat itu tidak berhasil ditemukan, walaupun Michael dan Jane sudah membongkar gudang. Hasil pembongkaran gudang tersebut membuat Michael membuang beberapa barang yang sudah tidak terpakai. Salah satunya adalah laying-layang yang dulu dimainkan Michael dan Jane. George (anak bungsu Michael) menemukan laying-layang itu dan mencoba memainkannya di taman. Saat George mencoba menerbangkan layang-layang, angin bertiup kencang, dari ujung layang-layang itupun turun seorang wanita membawa payung dan koper, dialah Mary Poppins. Kehadiran Mary Poppins dikenali oleh Jack (Lin-Manuuel Miranda), seorang penyuluh (orang yang bertugas menyalakan dan mematikan lampu di jalan-jalan London). Mary Poppins pun kembali mengurusi anak-anak keluarga Banks dengan melakukan berbagai keajaiban. Akankah Mary Poppins tinggal bersama keluarga Banks selamanya? Apakah permasalahan keluarga Banks berhasil teratasi dengan kehadiran Mary Poppins? Silahkan nikmati dunia magis yang dibawa pengasuh cantik ini.



Julie Andrews sebagai Mary Poppins pada tahun 1964 menolak untuk ikut serta pada film ini, karena ia tidak ingin mencuri perhatian penonton. Dia ingin Emily Blunt menguasai panggungnya sendiri sebagai Mary Poppins. Namun, jika ingin mengenang Mary Poppins tahun 1964, penonton masih bisa menyaksikan acting Dick van Dyke yang dulu berperan sebagai Bert (teman Mary Poppins yang membawa anak-anak ke dunia penuh fantasi). Kali Ini kita akan tetap melihat Dick van Dyke menyanyi dan menari, sebagai Mr. Dawes Jr. Jangan lewatkan juga aksi Meryl Streep pada film ini. Dia berperan sebagai Topsy, sepupu Mary Poppins yang juga tidak kalah ajaib. Memasuki lorong tempat rumah Topsy berada, akan membuat para penggemar Harry Potter merasa memasuki Diagon Alley.



Dari awal hingga akhir film, penonton akan diajak bernyanyi. Lagu-lagu indah pada film ini di antaranya: Can You Imagine That?; (Underneath the) Lovely London Sky; A Cover is not the Book; The Place Where Lost Things Go; dan Turning Turtle.

Overall: 9/10

(By Aisyah Syihab)

Subscribe to this Blog via Email :