Thursday, December 27, 2018

ULASAN: MILLY DAN MAMET




Para penggemar Ada Apa dengan Cinta ? sudah pasti tidak asing dengan Milly dan Mamet. Milly (Sissy Priscillia) merupakan salah seorang anggota genk Cinta, sementara Mamet (Dennis Adhiswara) merupakan cowo yang mengejar-ngejar Cinta sejak SMA. Tingkah laku keduanya yang konyol, menjadi bumbu komedi di film Ada Apa dengan Cinta ? (2002). Mereka berdua yang tidak diceritakan berpacaran pada film Ada Apa Dengan Cinta ?, kemudian dikisahkan menikah pada film Ada Apa dengan Cinta ? 2 (2016). Bagaimana hal ini bisa terjadi? Bagaimanakah konflik-konflik pada pasangan yang lucu ini? Jawabannya ada di film Milly & Mamet.



Ya, film diawali dengan bagaimana pertemuan kembali antara para sahabat SMA ini, yang menjadikan Milly berpacaran dan menikah dengan Mamet. Setelah menikah dan memiliki bayi, Milly memilih menjadi ibu rumah tangga seutuhnya, meninggalkan kariernya sebagai pegawai bank. Mamet yang lulusan tata boga, terpaksa meninggalkan impiannya menjadi Chef, dengan bekerja di pabrik pakaian milik mertuanya. Milly yang mulai bosan dengan kehidupan ibu rumah tangga saja dan Mamet yang tertekan oleh sikap mertua (Sony, diperankan oleh Roy Marten) yang tidak percaya padanya, menjadi konflik awal pada film ini. Kehadiran Alexandra (Julie Estelle), rekan kuliah Mamet yang menawarkan Mamet untuk membuka rumah makan dengan konsep healthy food (seperti yang diimpikan Mamet) seakan menjadi solusi bagi konflik yang terjadi pada pasangan tersebut. Namun, benarkah hal ini menjadi solusi bagi mereka? Arau malah menimbulkan konflik-konflik baru? Silahkan tonton sendiri untuk mengetahui jawabannya.



Milly & Mamet yang merupakan garapan Ernest Prakarsa (juga berperan sebagai Yongki, salah satu staf di pabrik) dan Meira Anastasia ini, adalah film drama keluarga berbalut nuansa komedi yang sangat kental, khas film-film Ernest lainnya (Cek Toko Sebelah 2016 & Susah Sinyal 2017). Sudah menjadi tradisi bahwa Ernest mengeluarkan filmnya di bulan Desember, sehingga menjadi salah satu film liburan tahun baru. Entah karena waktu penayangan yang pas maupun karena fans percaya bahwa film-filmnya berkualitas, Milly & Mamet juga sudah merebut jumlah penonton yang cukup banyak (lebih dari 100 ribu penonton pada hari pertama penayangan).



Film berdurasi 101 menit ini memang patut diacungi 4 jempol! Kisah drama keluarga dan romantisme beberapa karakter di dalamnya mengalir dengan sangat baik, tidak berlebihan. Banyak hal yang bisa dipetik dari kisah keluarga ini tanpa terkesan menggurui penonton. Misalnya bagaimana Milly harus berada di antara konflik ayah dan suaminya. Sebagai istri, Milly harus membela suaminya, namun ia berusaha tidak durhaka pada oramgtua satu-satunya yang sangat ia sayangi itu. Jangan lupakan adegan-adegan komedi yang dilakukan bukan hanya oleh para Stand Up Comedian (Arafah Rianti - Sari, Aci Resti -Iin, Ardit Erwandha – Robby, Bintang Emon -Somad, Muhadkly Acho – Hendra, dan Awwe – Polantas), maupun komedian Tike Priatnakusumah (sebagai Bi Sum). Namun juga dilakukan oleh para aktor dan aktris cantik yang hampir belum pernah bermain komedi, misalnya akting Yoshi Sudarso (berperan sebagai James, pacar Alexandra), Eva Celia Latjuba (berperan sebagai Jojo, tetangga Milly), dan Dinda Kanya Dewi (sebagai Lela, staf pabrik) yang berhasil memancing tawa. Bahkan para penyanyi cantik seperti Isyana Sarasvati (berperan sebagai Rika) dan Melly Goeslaw (berperan sebagai Mamah Itje) pun berakting konyol yang memecahkan tawa seluruh penonton.



Bagaimana dengan kehadiran genk Cinta lainnya? Tenang, kerinduan terhadap Cinta (Dian Sastrowardoyo), Maura (Titi Kamal), dan Karmen (Adinia Wirasti) bersama Milly akan terpuaskan di film ini. Mereka ada di beberapa scene, walaupun bukan sentral dari cerita. Bintang-bintang kawakan pun hadir melengkapi, seperti Pierre Gruno (sebagai Hartono) dan Surya Saputra (sebagai Rama).



Menonton film produksi Mira Lesmana (Miles Production) dan Chand Parwez Servia (PT Kharisma Starvision Plus) ini tidak lengkap tanpa menikmati soundtracks-nya. Setidaknya ada beberapa lagu yang bisa dinikmati, seperti Berdua Bersama (Jaz), Luruh (Isyana Sarasvati & Rara Sekar), serta Kita (Sissy Priscillia). Film ini layak untuk ditonton lebih dari sekali dan tetap mengguncang tawa, karena ada beberapa detail di film yang menggelikan, misalnya tulisan-tulisan pada topi yang dikenakan Yongki. Salah satunya bertuliskan “Gaya DPR, Gaji UMR”. And I wish there would be Milly & Mamet 2!

Overall: 9/10

(By Aisyah Syihab)

Subscribe to this Blog via Email :