Monday, December 17, 2018

ULASAN: SPIDER-MAN 'INTO THE SPIDER-VERSE'




Langkah cerdik diambil oleh Sony Pictures. Disaat versi live-action Spider-man tidak bisa lagi diutak-atik untuk sementara karena adanya kerjasama dengan Disney/Marvel Studio meskipun memegang hak ciptanya, Sony mengambil langkah lain mengambil celah dari universe Spider-man tanpa meganggu Spider-man versi live action yang saat ini dibintangi oleh Tom Holland. Dan langkah yang cukup tepat, menyentuh dan mengeksplorasi universe Spider-man yang belum pernah difilmkan sebelumnya yaitu mengangkat tema spider-verse. Spider-verse sendiri diambil dari salah satu event komik Spider-man dimana semua spider-man dari universe banyaknya pararel berkumpul dan bersatu dan menghadapi musuh yang sama. Untuk filmnya sendiri lingkupnya tidak sebesar event komik memang, tapi sudah terasa cukup besar dengan kehadiran 6 macam spider-man yang ada.



Dan nama Miles Morales berada paling terdepan yang karakternya sudah cukup populer di komik untuk menjadi suksesor setelah nama Peter Parker yang memang mempunyai latar belakang karakter yang cukup menarik. Tidak tanggung-tanggung, demi hasil yang terbaik 3 sutradara sekaligus menyutradarai Spider-Man Into The Spider Verse (SITSV) dengan format animasi ini. Sementara nama-nama untuk pengisi suara juga bukan nama-nama asing lagi, diantaranya ada Jake Johnson, Chris Pine, Mahershala Ali, Nicolas Cage, Hailee Steinfeld dan Liev Schreiber.



Berbeda dengan origin spider-verse versi komik dimana para spider-man dari bermacam universe bersatu karena ada yang memburu mereka satu-persatu untuk dibunuh, untuk versi filmnya sendiri terbukanya pintu paraler universe lain dikarenakan usaha Wilson Fisk (Liev Schreiber) melakukan percobaan untuk kembali bisa menghidupkan anak dan istrinya yang tewas karena kecelakaan. Percobaan yang bisa mengancam nyawa banyak orang berhasil digagalkan oleh Spider-Man/Peter Parker (Chris Pine) tetapi harus dibayar mahal karena tewasnya sang pahlawan yang dilihat secara langsung oleh Miles Morales (Shameik Moore) yang tidak tersengaja tergigit salah satu laba-laba yang membuatnya mempunyai kekuatan yang sama dengan dan bahkan melebihi Spider-man.



Kekuatan baru Miles akhirnya memancing 5 spider-man lainnya yang sempat tertarik karena mesin Wilson Fisk untuk menemui Miles. Mereka antara Spider-Gwen/Gwen Stacy (Hailee Steinfeld), Spider-Man/Peter B. Parker (Jake Johnson), Spider Noir/Peter Parker (Nicolas Cage), Peni Parker (Kimiko Gleen) dan Spider-ham/Peter Porker (John Mulaney) spider-man berbentuk babi. Mereka berenam sekarang harus berusaha kembali menggagalkan usaha Wilson Fisk untuk kedua kalinya membuat mesin yang sama dan sekaligus berusaha untuk bisa kembali ke universe mereka masing-masing yang dipimpin oleh Miles Morales yang tidak tahu apa-apa mengenai menjadi Spider-Man.



Sangat mudah bagi SITSV menarik perhatian penonton sejak awal adegan. Pengenalan karakternya diperkenalkan dengan cara unik seperti panel-panel komik dan lalu dilanjutkan dengan tribut film-film Spider-Man sebelumnya yang sangat memancing tawa penonton. Ketika perhatian penonton sudah didapatkan, karakter Miles Morales mulai diperkenalkan. Remaja yang masih mencari jati dirinya yang mendapat dukungan penuh dari sang paman (Mahershala Ali) tetapi tidak didapatkan dari ayahnya sendiri (Bryan Tyree Henry) itu saja sudah membuat penonton terlibat dalam ceritanya. Dan itu hanya awal, plot cerita semakin menarik ketika para spider-man lainnya mulai muncul. Hubungan mentor dan murid antara Miles Morales dan Peter B. Paker yang mempunyai dua kepribadian jauh berbeda yang dibumbui komedi yang cukup kental akan menjadi pusat perhatian.



Skenario yang dikerjakan Phil Lord dan Rodney Rothman memegang kendali film animasi ini. 6 Spider-Man yang muncul mendapatkan porsi yang cukup pas. SITSV juga tidak hanya menawarkan sebuah aksi seru pahlawan saja, tapi bagaimana para superhero sangat begitu rapuhnya mereka jika sudah berhubungan dengan masalah keluarga yang digambarkan lewat karakter Miles Morales dan Peter B. Parker. Sangat mengingatkan dengan Spider-Man 2 yang cukup emosional, tetapi SITSV masih berada diatasnya. Jadi tidak salah jika ada menobatkan SITSV adalah film Spider-Man terbaik sejauh ini. Kita akan sangat menantikan petualangan Miles Morales selanjutnya.

Overall: 9/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :