Monday, January 7, 2019

ULASAN: ESCAPE ROOM



Pernah bermain game di smartphone yang dimana user berada dalam satu ruangan tertutup dan mencari jalan keluar dengan petunjuk-petunjuk yang terbatas yang ada dalam ruangan tersebut ? Jika kamu sudah pernah memainkan game tersebut maka kamu akan segera terasa familiar dengan plot cerita yang ada pada film 'Escape Room' ini. Escape Room sebuah film bergenre thriller-horror psikologis yang diproduksi oleh Columbia Pictures ini disutradarai Adam Robitel (The Taking of Debrorah Logan, Insidious: The Last Key) dan diramaikan dengan pemain yang sudah akrab di layar kaca seperti Taylor Russel (Lost In Space), Logan Miller (I'm In The Band), Deborah Ann Woll (Daredevil), Nik Dodani (Atypical), Tyler Labine dan Jay Ellis.



Enam orang asing tidak mengenal satu sama lain dengan latar belakang yang berbeda dipertemukan dalam sebuah gedung setelah mendapat undangan misterius untuk mengikuti sebuah tantangan yang berhadiah uang 10.000 US Dollar. Mereka berenam adalah Zoey (Taylor Russel) mahasiswa cerdas yang mempunyai masalah dalam bersosialisasi, Ben (Logan Miller) seorang pecandu yang mencoba lepas dari rasa bersalah, Amanda (Deborah Ann Woll) veteran perang Irak yang ingin lepas dari trauma perang, Danny (Nik Dodani) seorang geek yang sangat tertantang dengan permainan 'Escape Room', Mike (Tyler Labine) pekerja lepas dan terakhir Jason (Jay Ellis) pengusaha muda yang menghadiri undangan misterius itu karena merasa itu hadiah dari salah satu klien utamanya.


Perkenalan singkat enam orang dengan masing-masing karakter yang sangat berbeda itu harus dikesampingkan ketika mereka harus bekerjasama untuk bisa lolos dalam 6 ruangan mematikan dengan waktu yang sangat terbatas di dalamnya. 6 ruangan yang mempunyai 6 tingkat kesulitan yang berbeda pula yang harus dipecahkan agar bisa lolos dan bisa mencari tahu kenapa mereka dijebak dalam permainan mematikan itu. Berhasilkah mereka semua lolos dalam 6 ruangan yang harus dilewati itu ? Lalu siapa sebenarnya orang dibalik yang memberikan undangan misterius kepada mereka berenam ? Jawaban yang bisa kamu ketahui di dalam filmnya.


Tidak perlu berbasa-basi, Escape Room langsung membawa penonton pada adegan yang cukup intens untuk sebuah adegan pembuka dan mengantungnya dengan meninggalkan penonton dengan pertanyaan 'apa yang sebenarnya terjadi ?' lalu adegan menuju beberapa hari sebelum kejadian yang akan mempertemukan penonton dengan 6 karakter utamanyanya. Benar-benar adegan pembuka yang ampuh untuk menarik perhatian penonton sehingga kita ingin tahu apa yang sedang terjadi.


Setelah 15-20 menit pengenalan para karakternya, maka bersiap-siaplah dengan sisa durasi yang memacu adenalin melewati 6 ruangan. Kekuatan utama Escape Room ada pada ruangan itu sendiri dan teka-teki yang harus dipecahkan dalam setiap ruangannya. Seiring berjalannya durasi disaat pertanyaan 'apa yang sebenaarnya terjadi ?' belum terjawab, pertanyaan lainnya akan muncul, kenapa harus mereka berenam yang terjebak, lalu siapa orang dibalik permainan ini ? Escape Room berhasil mengemas itu semua dengan sangat menarik, terlebih ketika misteri terjawab satu-persatu. 


Tema cerita mengumpulkan beberapa orang asing dijebak pada satu tempat dan lalu berjuang untuk bisa hidup memang bukanlah sesuatu yang baru. Sudah banyak refrensi film bertema sejenis ini, tetapi untungnya 'Escape Room' mempunyai daya tarik tersendiri. Hanya saja memang seakan menjadi tipikal film sejenis, banyak hal klise akan penonton temui, mulai dari pemecahan teka-teki terasa sangat klise dengan secara ketidaksengajaan yang mungkin untuk kamu yang suka teka-teki sedikit membuat gregetan, lalu sampai pada endingnya sendiri jadi seperti berlebihan yang terlalu ingin berlanjut ke sebuah sequel yang sedikit bisa merubah penilaian penonton pada filmnya secara keseluruhan, Jika kamu tidak masalah dengan hal-hal klise seperti itu, bisa jadi ini adalah salah satu film thriller-horror terbaik yang kamu tonton di tahun 2019 ini.

Overall: 7/10

(By Zul Guci)





KERJA SAMA BRANDING ESCAPE ROOM MOVIE DI AREA PANDORA ALAM SUTRA & CITRALAND


Berkaitan dengan pemutaran film Escape Room (Sony Pictures) pada tanggal 11 Januari 2019 serentak di Indonesia. Pihak Sony Picture bekerja sama dengan pihak Pandora Experience dalam project branding film Escape Room. Adapun cabang yang akan dibranding adalah cabang Mall Alam Sutera & Mall Ciputra.



Pandora experience adalah sebuah area wahana permainan petualangan meloloskan diri dari sebuah misteri dengan cara memasuki ruangan-ruangan permainan. Di sepanjang permainan yang memacu adrenalin ini, pengunjung akan menemukan kejutan-kejutan, lorong rahasia, ruangan rahasia, dan teka-teki yang membingungkan namun sangat seru. Pandora Escape Room Indonesia menyediakan waktu selama 60 menit dan 120 menit dengan teknologi tinggi dan terbaru dalam setting ruangan permainan, serta didukung dengan efek suara dan efek visual yang mumpuni. Tersedia unlimited clue bagi pemain untuk memecahkan kode, teka-teki, dan berbagai tantangan untuk menemukan ruang tersembunyi, jalan rahasia, hingga jawaban atas teka-teki yang dimainkan. Permainan ini menguji keberanian, strategi, kerja sama tim, dan pengambilan keputusan yang tepat untuk ‘lolos’ hingga ke pintu keluar.



Pandora memiliki 8 outlet cabang yang tersebar di kota Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Tangerang dengan 33 tema permainan. Tema permainan diambil dari berbagai legenda misteri yang terkenal dari seluruh dunia, dan diceritakan kembali dengan jalan cerita yang sudah disesuaikan dengan permainan. Setiap outlet memiliki episode yang berbeda dengan outlet lain, juga dengan tingkat kesulitan, sensasi, dan aktivitas fisik yang berbeda pula.



Berikut detail lokasi outlet 'Escape Room' di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta :

Puri Indah : Shutter Asylum, Dawn Of Ripper, Secrets of The Lost Tribe, Devil’s

Triangle, The Hollow

Mall Ciputra : S.S Poisedon, Ravensbruck Biohazard, The Descent, Legends El

Dorado

Mall Alam Sutera : The Chernobyl Diaries , Alcatraz, Amityville

Baywalk Mall : The Tomb of Osiris, Sanatorium, The Count of Monte Cristo

Kelapa Gading : King Solomon Mines, Forest of The Dead, Alcatraz



Bali :

Kuta : Shutter Asylium, Alcatraz, Area 51, Legends El Dorado

Bandung :

Sukajadi : The Dutchan Ghost of The Seven Seas, Amityville New Orleans

Horror, Temple of Doom, The Howling Catacomb

Surabaya :

Marvell City Mall : Shutter Asylum, Secrets of The Lost Tribe, The Hollow, The

Descent, Alcatraz, The Chernobyl Diaries

Subscribe to this Blog via Email :