Monday, February 18, 2019

ULASAN: EXTREME JOB





Bukan hanya sukses lewat K-pop dan dramanya, industri film Korea, tepatnya Korea Selatan sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Nyatanya, banyak film Korea yang diadaptasi oleh Hollywood, contoh suksesnya adalah My Sassy Girl dan Tale of Two Sisters. Di 2019, sineas yang sudah terkenal lewat Sunny (2011), Love Forecast (2014) dan Twenty (2014), Lee Byeong-Heon menelurkan Extreme Job dan ditayangkan 25 Januari 2019 secara internasional dan sudah ditonton 14juta kali penonton sampai 16 Februari kemarin. Di Indonesia, film ini akan ditayangkan mulai 20 februari 2019.



Extreme Job dengan judul original Geukhanjikeob, bercerita tentang 5 polisi yang dikelompokkan dalam 1 regu. Regu ini dibawahi oleh kapten Ko diperankan oleh Ryu Seung-Yong (Miracle in Cell No. 7, The Target), dengan 2 polisi senior Detective Jang (Lee Hanee – Deranged, Fabricated City) dan Detective Ma (Jin Sun-Kyu – The Mayor), serta 2 anak baru Young-Ho (Lee Dong-Hwi – Reply 1988) dan Jae Hoon (Gong-Myoung – A Girl at My Door). Regu ini dianggap “payah” dan budget kepolisian mereka selalu terbatas karena sudah dalam waktu lama tidak berprestasi.



Namun, dengan bantuan kapten dari regu lainnya, mereka mendapat kasus baru. Yaitu, untuk menangkap gembong narkoba Lee Moo-Bae (Shin Hya Kun – Save The Green Planet!). Setiap hari mereka mengintai gedung yang dipakai untuk markas narkoba. Sayangnya, mereka tidak dapat masuk secara sembarangan, dan muncullah ide untuk membeli gedung di sebrangnya, yaitu restoran ayam.



Dan dimulailah petualangan 5 detective konyol ini. Fokus mereka adalah mengintai dan menyamar, namun, karena suksesnya restoran ayam, mereka menjadi lupa tujuan utama. Restoran tersebut menjadi viral di sosial media, sehingga setiap hari yang mereka lakukan hanya menjual dan melayani pelanggan yang membeludak. Sampai mereka tidak sadar kalau markas narkoba Moo-Bae sudah pindah.



Film ini akan membuat anda happy, saya tidak ingat kapan saya tidak tertawa. Setiap adegannya sangat mengocok perut. Kelakuan mereka berlima sangat membuat penonton gemas. Mereka adalah detektif senior, namun, sikap mereka sangat jauh dari keren, tetapi (bukan bermaksud spoiler), aksi mereka di akhir film ini akan membuat penonton terkagum-kagum.



Dan yang jelas, saya tidak merekomendasikan menonton ini dalam keadaan lapar. Sepanjang film, anda akan disuguhkan ayam goreng dengan saus yang menggiurkan. Namun, sudah makan pun, saya jamin, anda tetap ingin makan ayam sesudah nonton. Saya sangat menikmati Extreme Job dan tidak aneh menurut saya saat 3 hari dari perilisannya, sudah ditonton oleh 1juta penonton dan memecahkan rekor sebagai film komedi yang menjadi box office tercepat dan sudah dipastikan akan mendapat keuntungan lebih dari 200juta dollar. Sampai saat ini, Extreme Job melejit ke puncak kedua menjadi film yang paling banyak ditonton di Korea, dibawah The Admiral : Roaring Currents.


Menurut saya pribadi, lelucon yang dilontarkan pas dan tidak berlebihan, walau terlihat berlebihan pun, tidak mengganggu dan tidak bisa dianggap “receh”. Setiap adegannya mengundang tawa dan tepuk tangan. Film ini jelas harus ada dalam daftar tontonan wajib bulan Februari anda. Selamat menikmati dan selamat ngiler ayam!


Overall 8/10

(By Vanda Deosar)



Subscribe to this Blog via Email :