Monday, March 18, 2019

ULASAN: FIVE FEET APART




Sejak pertama kali posternya muncul dan terlebih setelah membaca sinopsisnya, banyak yang langsung membanding-bandingkan Five Feet Apart dengan salah satu film drama-romantis populer yang pernah dibintangi Shailene Woodley dan Ansel Elgort berjudul The Fault In Our Stars. Dibanding-bandingkannya kedua film itu tentu bukan tanpa alasan. Kedua film ini mempunyai tema yang sama. Sepasang kekasih yang sama-sama menderita penyakit yang mematikan yang mana hubungan mereka berdua yang menjadi harapan dan warna kehidupan mereka yang setiap saat ajal bisa datang kapan saja. Lalu apakah kesamaan tema ini membuat Five Feet Apart jadi agak sedikit basi ketika ditonton ?



Dibintangi dua rising star yang saat ini mulai menjadi idola remaja, ada Cole Sprouse yang angkat nama lewat serial Riveldale, lalu ada Haley Lu Richardson yang sebelumnya muncul lewat Split dan Edge of Seventeen. Dan kursi sutradara ditangani oleh Justin Baldoni yang mana Five Feet Apart adalah debutnya sebagai sutrdara.



Will (Cole Sprouse) dan Stella (Haley Lu Richardson) adalah remaja yang dipertemukan oleh penyakit mereka. Mereka berdua mengidap penyakit langka, yaitu Cystic Fibrosis yang merupakan sebuah penyakit langka, yang menyerang paru-paru dan sistem pencernaan. Lendir di dalam tubuh akan sangat kental sehingga bisa membuat pengidapnya terancam hidupnya. Penyakit ini belum dapat disembuhkan, namun perawatan intensif bisa membantu. Cystic Fibrosis bersifat kronis, dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan seumur hidup, dan selalu membutuhkan uji dan pengawasan yang cukup ketat.


Penyakit itu seperti tidak menghalangi rasa saling menyukai anatara Will dan Stella yang pada awalnya tidak mempunyai rasa kecocokan yang rasanya tidak mungkin mempunyai hubungan yang lebih personal. Tetapi justru karena penyakit itu mereka berdua bisa saling memahami satu sama lain. Mengidap penyakit yang sama bukanlah satu-satunya penghalang hubungan mereka berdua. Seakan belum cukup, tali kasih antara mereka berdua dihalang oleh jarak 5 kaki. Yap, karena penyakit Cystic Fibrosis membuat sesama pengidapnya tidak boleh melakukan kontak fisik secara langsung. Jika hal itu dilanggar maka penyakit yang mereka derita akan bertambah parah. Dengan halangan seperti itu apakah kedua pasangan ini bisa menjalin hubungan sepasang kekasih dengan semestinya ?


Memang tidak salah jika Five Feet Apart dibanding-bandingkan dengan The Fault In Our Stars karena memang menceritakan dua karakter utamanya mengidap penyakit yang berat. Tetapi untungnya dengan kemiripan seperti itu ternyata Five Feet Apart bisa berdiri sendiri. Jikapun kamu masih membanding-bandingkannya Five Feet Apart tidak bisa dikatakan berada dibawah The Fault In Our Stars. Semua itu karena peformance yang memukau Cole Sprouse dan Haley Lu Richardson yang memerankan dua karakter utamanya. Kemistri mereka yang sangat kuat membuat penonton merasa sangat peduli dengan nasib dua karakter ini. Mulai dari tersenyum, harap-harap cemas dan terharu mengikuti emosi para karakter-karakternya.


Sebagai bumbu ditengah-tengah perhatian kita pada karakter Will dan Stella, kehadiran Poe (Moises Arias) sahabat dari Stella dan Barb (Kimberly Hebrt Gregory) sang suster yang sangat menyayangi Will dan Stella lebih dari sekdar pasien memberikan warna tersendiri. Yap benar, Five Feet Apart hidup benar-benar karena bagusnya para pemainnya. Diluar peforma yang sangat solid dari dua pemeran utama, skenario yang ditulis Mikki Daughtry dan Tobias Iaconis juga salah satu kunci kenapa film ini juga sangat menjadi menarik yang dieksekusi dengan secara tepat oleh Justin Baldini yang dengan cerita yang sebenarnya bisa sudah bisa ditebak.


Jikapun ada hal yang membuat kamu tidak bisa menikmati filmnya hanyalah cerita yang sudah sangat familiar yang membuat kamu sudah kebal dengan cerita-cerita melodramatis ini. Tetapi jika kamu bisa menepiskan hal itu, bisa jadi kamu akan lebih menyukai Five Feet Apart dibandingkan The Fault of Our Stars.

Overall: 7/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :