Monday, July 8, 2019

ULASAN: YESTERDAY




Tanpa perlu mencari tahu lebih banyak lagi, siapapun kamu yang menggemari lagu-lagu The Beatles pasti sudah merasa tertarik untuk menonton 'Yesterday' ketika melihat trailernya pertama kali. Terlebih premisnya cukup menarik dari yang ditampilkan. Apa yang terjadi jika The Beatles tidak pernah terlahir ? Tidak ada yang mengenal nama grup legendaris tersebut ataupun lagu-lagu mereka ? Masalahnya hanya kamu satu-satunya orang di muka bumi ini yang masih mengingat The Beatles dan lagu-lagunya. Premis cerita itulah yang ditawarkan oleh Yesterday yang judul filmnya sendiri diambil dari salah satu judul lagu The Beatles.



Jack Malik (Himesh Patel) adalah seorang musisi yang sedang berjuang mewujudkan mimpinya. Didampingi sahabat setia sekaligus manajernya Ellie (Lily James) yang selalu mendukungnya ditengah-tengah rasa pesimis karirnya pada musik berjalan ditempat. Jack bahkan berpikir ingin berhenti menjadi musisi. Hingga pada suatu malam kejadian tidak terduga terjadi. Sebuah kejadian misterius membuat Jack sebagai satu-satunya orang di dunia yang mengingat karya-karya The Beatles.


Menjadi satu-satunya orang di dunia yang mengingat jika The Beatles pernah ada membuat Jack memmanfaatkan situasi itu untuk menyanyikan lagu-lagu populer The Beatles dan mengaku menciptakan semua lagu itu. Situasi yang membuat Jack populer dalam waktu singkat. Tetapi segala tindakan Jack tersebut memiliki konsekuensi dimulai dari renggangnya hubungannya dengan Ellie yang mana orang satu-satunya memahami luar-dalam Jack dan lalu dikejar rasa bersalah karena mengaku-ngaku menciptakan semua lagu The Beatles yang dia nyanyikan. Begitulah garis besar plot cerita yang ada dalam Yesterday.


Auto fokus sudah penonton dapatkan sejak adegan pertama kita mengenal karakter Jack Malik. Lalu selanjutnya kepada adegan lainnya memperlihatkan kesulitan yang dihadapi oleh Jack dalam meniti karir musiknya dan semua semakin seru ketika seluruh penduduk dunia tidak pernah mengingat The Beatles dan lagu-lagunya pernah ada tanpa harus dijelaskan secara spesifik apa penyebab hal itu terjadi. Dan itu tidak terlalu masalah bagi penonton yang sudah masuk ke dalam cerita Yesterday.


Sayangnya sampai paruh pertama yang sudah menarik ini, film seperti berubah arah yang yang mengesankan Yesterday seperti film romcom kebanyakan. Alih-alih tetap memusatkan ceritanya pada Jack Malik dengan konflik batinnya yang sebenarnya sudah cukup menarik untuk menjadi satu film utuh. Sesuatu hal yang bisa merubah penilaian penonton mengenai filmnya.


Untungnya semua hal minus bisa terkikis dikarenakan faktor lain sampai durasi film berakhir. Faktor pertama dari beberapa pemeran pembantu yang cukup menarik perhatian, selain Lily James ada nama penyanyi Ed Sheeran yang menjadi dirinya sendiri yang beberapa kali memancing tawa penonton. Faktor kedua tentu saja lagu-lagu The Beatles yang dinyanyikan oleh Himesh Patel sendiri yang membuat penonton mengerti kenapa Danny Boyle memakai aktor pendatang baru untuk memerankan Jack Malik. Sepanjang film ketika Jack Malik menyanyikan lagu-lagu The Beatles seraya penontonpun akan ikut bernyayi tanpa ada nada keberatan penonton yang ada duduk disampingmu.


Danny Boyle sepertinya ingin bersantai dengan cerita ringan dalam film terbarunya ini yang membuat kita tidak terlalu minus yang ada separuh terakhir film yang dirasakan penonton. Terakhir kita melihat Danny Boyle dalam film bertema ringan tahun 2004 lalu di film Millions.

Overall 7/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :