Wednesday, December 25, 2019

ULASAN: SPIES IN DISGUISE



Dipenghujung tahun 2019 satu lagi film animasi yang rilis yang diproduksi oleh Blue Sky Studios setelah absen di tahun 2018 yang sebelumnya biasanya merilis satu film tiap tahunnya. Terakhir animasi produksi studio yang sudah melahirkan franchise Ice Age ini adalah Ferdinand di akhir tahun 2017. Kali ini Blue Sky Studios yang juga masih dibawah bendera 20th Century Fox ini merilis film animasi yang sudah menarik perhatian sejak merilis trailer pertamanya yang menceritakan agen rahasia sebagai sentral ceritanya berjudul 'Spies in Disguise'



Lance Sterling (Will Smith) seorang agen mata-mata yang tinggi akan jam terbang dan pengalaman yang selalu bisa diandalkan. Semua tugas dia selesaikan sendiri tanpa perlu bantuan partner. Sesuatu hal yang memang dihindarinya. lance lebih suka bertugas sendiri. Lalu ada seroang ilmuwan muda cerdas dengan sifat “anehnya”, Walter Beckett (Tom Holland) yang selalu diremehkan dalam lingkungan perkerjaannya karena alat-alat ciptaanya. Motivasi Walter bekerja dalam bidang teknologi (seperti Q di franchise james Bond) di kantor Lance Sterling bertugas sangat sederhana, yaitu bisa membuat dunia jauh lebih baik.


Hingga pada suatu hari, Lance dihadapkan dengan sebuah tantangan yang membuatnya harus bekerja sama dengan Walter. Lance difitnah melakukan sebuah sabotase yang tidak pernah dilakukannya. Semua hal itu didalangi oleh seorang teroris bernama Killian (Ben Manelsohn). Hal itu membuat Lance menjadi buronan. Seakan belum lebih buruk dengan apa yang dialami, Lance berubah menjadi burung merpati karena sebuah minuman yang diciptakan Walter. Dengan keadaan terpaksa Lance butuh bantuan Walter untuk bahu-membahu untuk bisa menemukan Killian dan membersihkan nama baiknya kembalib meskipun harus melanggar salah satu prinsipnya sendiri, yaitu berkerja sendiri, tanpa partner.

Layaknya filn animasi keluarga, Spies in Disguise menawarkan cerita yang sangat ringan tanpa perlu membuat berpikir keras mengenai alur ceritanya. Jadi jangan sampai pikiran skeptis atau sinis kamu dengan betapa sangat naifnya pandangan karakter Walter terhadap dunia meganggu kamu menikmati filmnya. Terlebih jika kamu menontonnya bersama anak-anak. Komedi adalah jualan utama fim ini yang akan membuat kita tertawa dalam setiap adegan komedinya. Jika kamu menontonnya bersama anak-anak, siap-siap saja suara tawa meraka akan jauh lebih keras dibandingkan dengan suara tawa kamu. Diluar komedi, ada sisipan pesan moral yang lagi-lagi mudah diserap oleh anak-anak.


Will Smith kembali memberikan kejutan untuk saya, setelah membalikkan prediksi skeptis mengenai karakternya sebagai Genie di film Aladdin, suaranya yang mengisi karakter Lance Sterling yang menjadi nilai hiburan paling atas dalam film ini. Entah disengaja atau tidak,karakter Lance Serling seakan diciptakan untuk Will Smith 


Sementara dari sisi visual, Blue Sky Studios makin memperlihat peningkatannya setelah absen selama tahun 2018. Animasi yang makin halus yang sangat memanjakan mata dengan penuh warna. Memang standard tertinggi sebuah animasi di hollywood masih dipegang oleh Pixar, tetapi Blue Sky Studios mempunyai ciri khas tersendiri dengan animasi-animasi produksi mereka yang membuat tidak perlu menyaingi Pixar karena sudah mempunyai identitas sendiri enah itu dengan cerita yang ringan ataupun visual karakter-karakter animaisnya.


Spies in Disguise sebuah animasi yang memang tidak mempunyai cerita yang luar biasa. Tetapi komedi dalam film ini akan menghibur siapapun. Cerita yang sangat ringan dengan pesan moral yang mudah diserap penonton anak-anak. Sebuah tontonan yang memang layak untuk ditonton beramai-ramai dengan keluarga.

Overall: 7,5/10

Subscribe to this Blog via Email :