Thursday, May 7, 2020

ULASAN: START-UP



Jika di Indonesia adaptasi cerita dari wattpad ke media film sedang menjadi tren, maka di Korea adaptasi serial webtoon ke media film atau tv serial juga sudah menjadi tren yang cukup lama bertahan. Bahkan adaptasi webtoon ke film yaitu dwilogi Along wih Two Gods sukses mencatatkan sebagai salah satu film tersukses dalam mendulang pemasuakn atau penonton. Dan kali ini peruntungan dicoba oleh Start Up yang sudah populer terlebih dahulu lewat serial webtoon-nya. Serial yang bergenre komedi ini diadaptasi menjadi film dibintangi oleh Park Jung-min (The King, Unforgettable),  Ma Dong-seok (Train to Busan, Ashfall), dan Jung Hae-in (Salute D'Amour, The Age of Blood).



Star-Up bercerita dari tentang Taek-Il (Park Jung-Min) pemuda berusia 18 tahun pemberontak yang masih mencari jati diri. Tinggal bersama ibunya yang memintanya untuk melanjutkan sekolah yang selalu ditolak Taek-Il dan melawan apa yang diinginkan ibunya. Hari-hari perdebatan mereka berdua sudah menjadi kebiasan di rumah mereka. Satu-satunya yang bisa memahami Taek-Il adalah sahabatnya Sang-Pil (Jung Hae-In). Suatu hari, Taek-Il tiba-tiba meninggalkan rumah dan pergi ke Gunsan, Provinsi Jeolla Utara. Sebuah keputusan yang diambil secara impulsif.


Di kota yang dipilih secara acak itu Taek-Il mendapat pekerjaan pengiriman di restoran Cina. Di sana, dia mulai berhubungan dengan orang-orang baru yang mengisi hari-harinya, dimulai dari atasannya tempat Taek-Il bekerja Owner Kong (Kim Jong-Soo), Bae Gu-Man (Kim Kyung-Duk) partner Taek-Il mngantarkan pesanan pelanggan, lalu juru masak Geo-Seok (Ma Dong-Seok) pria yang menyembunyikan dan kekuatan masa lalunya dengan gaya nyentriknya. Lalu juga Taek-Il juga secara tidak sengaja berhubungan dengan gadis seusianya yang juga melarikan diri Kyung-Joo (Choi Sung-Eun). Sementara itu, Sang-Pil mulai bekerja di kantor pinjaman swasta dan Ibu Taek-Il (Yum Jung-Ah) memulai usaha barunya tanpa sang anak yang melibatkannya pada masalah yang lebih berat.


Start-Up disajikan sederhana dengan beberapa subplot yang muncul ditengah-tengah plot utama Taek-Il dalam mencari jati dirinya. Subplot yang menceritakan latar belakang karakter-karakter lainnya yang punya permasalahn tersendiri. Sayangnya banyaknya subplot membuat plot utama terasa tidak fokus yang seperti kebingungan. terlalu banyak yang ingin disampaikan dengan durasi yang kurang dari 2 jam.


Untungnya dengan dengan durasi yang cukup singkat Start-Up masih sangat menghibur dengan komedinya dan drama yang makin kental terasa 30 menit terakhir yang buat saya bagian terbaik dari filmnya. Sementara untuk penampilan Ma Dong-seok yang paling mencuri perhatian yang sering kita lihat memainkan karakter keras, di film ini ma Dong-seok menampilkan sisi lainnya dalam berakting yang belum pernah kita lihat sebelumnya meskipun masih belum bisa terlepas dari peran keras seutuhnya.


Start-Up film komedi ringan yang memang tida terlalu luar biasa, tetapi masih mampu menghibur penonton. Raihan jutaan penonton di negara asalnya adalah satu bukti kenapa Start-Up masih sangat menghibur, terlebih kapan lagi kita bisa melihat Ma Dong-seok memerankan karakter yang menggemari k-pop dan melakukan gerakan-gerakan dance girld band ?

Overall: 7/10

NB: Start-Up sudah bisa ditonton lewat aplikasi klik Film yang terdapat di Playstore dan IOS 

Subscribe to this Blog via Email :