Monday, March 1, 2021

ULASAN: UNHINGED



Film Hollywood yang didominasi adegan kejar-kejaran di jalan raya cukup banyak jumlahnya dan beberapa yang berkesan di ingatan kita di antaranya Speed (1994), Fast & Furious Franchise (2001 – ongoing), Mad Max: Fury Road (2015), dan Drive (2011). Film garapan sutradara Derrick Borte berjudul Unhinged yang bergenre action thriller mencoba peruntungan pada deretan panjang list ini. Film yang ditulis naskahnya oleh Carl Ellsworth ini (Red Eye, Disturbia, The Last House on The Left) dirilis pada 21 Agustus 2020, dibintangi oleh Russell Crowe dan Caren Pistorius serta Gabriel Bateman. Film ini meraih Box office sebesar 42 juta dollar yang termasuk cukup baik untuk film yang dirilis dalam masa pandemi COVID-19. Untuk Indonesia sendiri, filmnya telah dirilis pada 25 Februari 2021 lalu. Secara kritik film ini mendapat rating 47% di Rotten Tomatoes dan reviewnya pun mixed



Tom Cooper (Russell Crowe) yang mengalami stress hebat sejak perceraian dengan istrinya, mendatangi rumah mantan istrinya dan membunuhnya serta kekasihnya. Sehabis membunuh ia membakar rumah tersebut dan kabur. Rachel Flynn (Caren Pistorius) adalah seorang ibu yang baru saja bercerai dan memiliki masalah dengan disiplin waktu. Suatu Ketika dalam perjalanan ke New Orleans untuk mengantar anaknya Kyle (Gabriel Bateman), Rachel terlibat cekcok dengan pengendara truk pickup yang ternyata adalah Tom. Tom menuntut Rachel untuk meminta maaf namun Rachel tidak mau dan membalasnya dengan adu argumen. Akibat kejadian ini Tom bertekad memberi ganjaran pada Rachel dan tanpa pandang bulu Tom berniat menghabisi Rachel dan keluarga serta semua orang terdekatnya tanpa kenal ampun. Bagaimana cara Rachel menghadapi psikopat yang tidak takut mati seperti Tom sekaligus menyelamatkan orang-orang yang ia sayangi? Jawabannya harus anda saksikan sendiri dengan menonton film ini di bioskop.



Dalam 93 menit durasi film ini, penonton mendapatkan sajian ketegangan yang tanpa henti sejak dari awal film seakan tidak pernah menyuruh penonton untuk beristirahat. Introduksinya singkat namun sudah cukup menggambarkan situasi karakter utama Rachel dan background hidupnya dengan cukup komplit. Premis cerita ini simpel dan cukup straightforward namun sekaligus menjadi kelemahannya, kita tidak akan mendapatkan kedalaman ataupun twist karena semua sudah terpampang dengan jelas, penonton hanya tinggal mengikuti alur ceritanya saja. Sayang karakter Tom kurang dieksplorasi backgroundnya tapi karakternya berhasil dibangun dengan meyakinkan sejak awal film. Adegan klimaks film ini menurut saya kurang greget karena karakter Tom yang awalnya sangat sadis seperti melunak terhadap Rachel dan Kyle. Overall film ini cocok mengisi waktu senggang untuk anda yang mencari film ringan namun seru dan menegangkan



Dalam hal cast, semuanya tampil dengan sangat baik di film ini terutama Russell Crowe. Ia membuktikan bahwa ia sanggup memerankan peran protagonis maupun antagonis dengan sangat baik. Sebagai Tom, ia tampil sangat meyakinkan dan intimidatif untuk seorang yang tidak kenal takut dan punya jiwa pembunuh yang keji. Caren dan Gabriel mampu menampilkan dinamika yang baik dan meyakinkan sebagai ibu dan anak sehingga membuat penonton mudah terhubung dengan karakter mereka sepanjang film ini. Kita dapat merasakan kepanikan dan ketakutan lewat akting Caren yang prima. Dukungan sound dan spesial fx yang mumpuni turut membantu penonton terhanyut dalam suasana ketegangan film.



Unhinged tergolong film low budget dengan semangat untuk mengingatkan pada penonton bahwa situasi lalu lintas bisa menjadi buruk akibat ulah orang-orang yang ceroboh atau terkadang pertengkaran yang sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap orang bisa lebih sabar. Di film ini kita diperlihatkan beberapa kejadian kecelakaan yang mengenaskan di US lewat cuplikan-cuplikan dokumenter kejadian nyata. Di jalan kita perlu bersikap waspada karena tindakan yang kita lakukan dapat berakibat fatal untuk kita dan orang-orang terdekat yang kita sayangi.


Overall: 7.5/10

(By Camy Surjadi)









Subscribe to this Blog via Email :