Thursday, March 4, 2021

ULASAN: VIOLET EVERGARDEN THE MOVIE




Sudah menjadi kewajaran, sebuah serial anime yang populer dilanjutkan ke dalam sebuah film. Dan yang terbaru ada Violet Evergarden the Movie yang merupakan film panjang kedua dari kelanjutan serial anime yang mempunyai 13 episode yang tayang selama tahun 2018 dan film panjang pertamanya yang rilis tahun 2019. Dan untuk film keduanya sendiri awalnya dijadwalkan untuk tayang April 2020, namun karena pandemic diundur menjadi September 2020 dan di Indonesia baru kebagian 3 Maret 2021. Sebelum memulai, saya notif terlebih dahulu jika saya menonton Violet Evergarden the Movie ini tanpa menonton terlebih dahulu versi serial anime maupun film pertamanya. Lalu apakah bisa nyambung atau menikmati anime ini tanpa menonton prequelnya? Well, mari kita bahas dari awal.


Violet Evergarden yang juga nama karakter utama film ini bercerita  seorang perempuan seorang yang dulu pernah bergabung dengan militer pada masa perang. Dan pada masa damai Violet menggeluti pekerjaan menulis surat, lagu atau tulisan lainnya untuk orang yang membutuhkan. Doll adalah sebutan atau julukan yang diberikan kepada pekerjaan sejenis ini. Violet Evergarden adalah salah satu Doll yang cukup disegani karena tulisannya yang indah dan menyentuhnya.


Di tengah-tengah pekerjaannya, Violet selalu dibayang-bayangi masa lalu saat masih bergabung dengan militer. terlebih pada saat itu dia berpisah dengan orang yang dia cintai Mayor Gilbert Bougainvillea. Tidak diketahui bagaimana nasib Mayor Gilbert pasca perang berakhir. Apakah dia selamat atau tewas di medan perang, sama sekali tidak ada yang mengetahui. Sampai akhirnya Vilet mendapat petunjuk jika Mayor Gilbert masih hidup. Dan akhirnya Violet pun mencoba mencari keberadaan Mayor Gilbert dan menemui sebuah fakta yang disembunyikan oleh Mayor Gilbert yang membuat pertemuan antara mereka berdua bukanlah jalan terbaik.


Kurang lebih seperti itulah sinopsis Violet Evergerden. Lalu kembali lagi, untuk yang tidak menonton serial anime dan film pertamanya apakah bisa memahami atau mengerti plot film ini? Untuk saya yang tidak menonton serial ataupu  film pertamanya maka saya akan menjawab bisa. Karena dalam film yang berdurasi 2 jam 20 menit ini akan diselingi adegan rangkuman atau flashback plot cerita sebelumnya yang membuat kita mengenal hubungan dua karakter utamanya yaitu Violet dan Gilbert. Jadi untuk hal ini penonton tidak akan terlalu mengalami kebingungan. Kalaupun ada gap untuk kita yang tidak menonton prequelnya adalah lebih kepada tidak terlalu mengenal karakter-karakter pendukung lainnya yang sudah muncul di dua prequel sebelumnya.


Dengan durasi yang memang cukup lama itu, alur cerita sangat terasa lambat. Jadi tidak aneh di beberapa act  penonton harus sedikit bersabar akan hal ini. Poin uamanya ada pada 30 menit pertama. Jika pada 30 menit pertama kamu masih bisa menikmati ceritanya . Maka dipastikan perhatian kamu tidak akan terlepas lagi di sisa durasinya dan bahkan ikut larut terharu dengan rumitnya hubungan Violet dan Gilbert. Sementara sebaliknya, jika pada 30 menit pertama kamu sudah merasa bosan, jadi siap-siap saja sisa durasi lebih banyak meguap atau bahkan tertidur. Di luar plot cerita Violet Evergarden memberikan visual animasi yang indah dan memanjakan mata. Buat saya yang lebih sering menonton anime dengan genre action, visual Violet Evergarden benar-benar terasa beda. 


Violet Evergarden the Movie yang memberikan cerita yang tidak hanya untuk penggemar setianya tetapi juga untuk penggemar baru. Itu terbukti dengan kita yang tidak menonton prequelnya bisa memahami dengan mudah plot cerita di serial dan film sebelumnya. Filmnya sudah tayang di bioskop-bioskop sejak tanggal 3 Maret 2021. Saat pemutaran screening terbatasa beberapa saat lalu di Kota Kasablanka. Juga diadakan parade cosplay karakter Violet Evergarden yang membuktikan anime ini cukup mempunyai fanbase di Indonesia.

Overall 7,5/10


Subscribe to this Blog via Email :