Tuesday, April 20, 2021

ULASAN: DETECTIVE CONAN "THE SCARLET BULLET"





Para fans anime, khususnya Detective Conan The Movie harus bersabar menunggu lebih dari setahun kehadiran film Detective Conan, setelah film terakhirnya tayang di tahun 2019. Pandemi Covid-19 membuat film “Detective Conan: The Scarlet Bullet”(“Meitantei Conan: Hiiro no Dangan)” yang merupakan Movie ke-24 dari Detective Conan The Movie, yang seharusnya tayang pada tahun 2020 (tanggal rilis di Jepang harusnya 17 April 2020), baru tayang di bulan April 2021 (tanggal rilis Indonesia adalah 21 April 2021). Namun anggap saja sebagai bonus penantian itu, tahun 2021 ini Detective Conan menyapa fansnya tidak hanya pada Detective Conan: The Scarlet Bullet, namun juga Detective Conan: The Scarlet Alibi (tayang mulai tanggal 17 Maret 2021). Walaupun sebenarnya, Detective Conan: The Scarlet Alibi bukanlah film utama Detective Conan The Movie yang hadir setiap tahunnya. Film tersebut merupakan kombinasi antara beberapa episode anime dan manga Detective Conan, mengenai keluarga Suichi Akai. Film tersebut juga merupakan jembatan (bridge) menuju film utama yang tertunda setahun ini, Detective Conan: The Scarlet Bullet. Akan tetapi, jangan khawatir kalau tidak akan paham film The Scarlet Bullet tanpa menonton The Scarlet Alibi. Jika kamu sudah cukup mengenal keluarga Suichi Akai, maka tidak menonton The Scarlet Alibi pun tidak masalah, ketika akan menonton The Scarlet Bullet.



Sejauh ini, anggota keluarga Suichi Akai yang sudah muncul dan diperkenalkan kepada para fans Conan adalah Suichi Akai, Shukichi Haneda, Masumi Sera, dan Mary Sera. Suichi Akai adalah anggota FBI yang menyelidiki Organisasi Jubah Hitam, namun “terbunuh” oleh Kir (salah satu anggota organisasi Jubah Hitam). Akai yang sebenarnya berhasil selamat kemudian menyamar menjadi Subaru Okiya, mahasiswa Fakultas Teknik yang tinggal di rumah keluarga Shinichi Kudo. Akai memiliki seorang adik laki-laki yang merupakan atlet dan juara Shogi profesional: Sukichi Haneda. Selain itu Akai memiliki seorang adik perempuan yang sekarang bersekolah di satu SMA yang sama dengan Ran Mouri, yaitu Masumi Sera. Sera tinggal bersama seorang gadis kecil beramput pirang, yang ternyata itu adalah ibu mereka: Mary. Mary mengalami nasib yang sama dengan Conan dan Ai Haibara, mengalami penyusutan tubuh, dari seorang wanita paruh baya menjadi gadis sekolah menengah pertama.



Pada film ini, keempat anggota keluarga tersebut bahu membahu membantu Conan Edogawa memecahkan kasus. Kasus kali ini terkait dengan peresmian kereta supercepat di Jepang, yang disebut Vacuum Superconducting Linear train dan dilatarbelakangi juga dengan penyelenggaraan WSG (World Sport Games) di Tokyo. World Sport Games merupakan even olahraga tingkat dunia yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Diceritakan bahwa kereta super cepat itu merupakan salah satu fasilitas untuk acara World Sport Games, sehingga pada peresmiannya, akan dihadiri para petinggi dari sponsor-sponsor acara tersebut. Kejadian aneh terjadi terkait acara tersebut, satu persatu bos-bos pemiliki produk sponsor itu diculik. Hal ini mirip dengan yang terjadi di WSG yang diselenggarakan di Amerika 15 tahun yang lalu. Maka para anggota FBI yang saat ini bertugas di Jepang pun menyelidiki hal tersebut. Conan bekerja sama dengan para anggota FBI (Akai, Jodie Starling, James Black dan Andre Camel), kedua adik Akai, serta para detektif cilik (terutama Ai Haibara) menyelidiki kasus ini.



Keseruan film yang disutradarai oleh Chika Nagaoka ini juga dipermanis oleh cerita cinta yang bertemakan komedi romantis antara Sukichi Haneda dan Yumi Miyamoto. Para fans juga akan merasakan debaran-debaran hangat dan penasaran ketika para anggota keluarga Akai mulai Kembali saling bertemu dan seperti seakan saling mengenali.



Jangan sebut dirimu penggemar sejati Detektif Conan, kalau sampai tertinggal film Detective Conan: The Scarlet Bullet! Bahkan film ini pun masih asyik untuk ditonton yang kedua atau ketiga kalinya lho! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo saksikan detektif kesayanganmu beraksi kembali di bioskop terdekat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya!


Overall: 8/10

(By Aisyah Syihab)










Subscribe to this Blog via Email :