Wednesday, April 28, 2021

ULASAN: NOBODY



Tanpa perlu dibuat survey, tetapi saya sangat yakin kalau sebagian dari kita tidak pernah terlintas ada nama Bob Odenkirk membintangi film action laga. Ya film action laga, anda tidak salah baca. Aktor yang melambung namanya pasca serial yang sangat fenomenal Breaking Bad, lalu berlanjut ke Better Call Saul yang makin menaikan pamornya dan kita setujui kalau Bob Odenkirik adalah salah satu aktor watak terbaik di hollywood saat ini. Tetapi hanya sebatas aktor watak yang jauh melibatkan main karakter menonjolkan aksi laga, tidak untuk film action. Namun hal itu coba didobrak oleh Bob Odenkirk dalam film Nobody ini. Tidak tanggung-tanggung, Odenkirk butuh 2 tahun untuk bisa memerankan karakter Hutch Mansell dalam film Nobody ini. lalu bagaimanakah hasilnya?

Nobody bercerita tentang seorang pria yang biasa-biasa saja bernama Hutch Mansell. Seorang suami dan ayah dari sepasang putra dan putri. Hari-hari Hutch menjalani rutinitas yang repetitif dan mempunyai hubungan makin berjarak dengan istrinya Rebecca Mansell (Connie Nielsen). Hubungan mereka kehilangan gairah. Hingga pada suatu hari rumah mereka dirampok. Mitch yang sebenarnya mendapat kesempatan untuk menggagalkan perampokan itu justru melepaskan para perampok tersebut yang membuat putranya kehilangan respek pada sang ayah. 

Disaat hari-hari berjalan normal kembali, hanya karena sebuah barang kesayangan putrinya ikut diambil oleh perampok, Mitch memutuskan mencari jejak perampok yang secara tidak langsung mengeluarkan sisi lain Mitch yang sudah lama dia kubur. Hal ini juga secara tidak sengaja membuat Mitch berurusan dengan mafia Rusia. Dan identitas Mitch pun terbongkar. Mitch bukanlah orang biasa sembarangan. Hal yang tidak hanya mengancam dirinya sendiri tetapi juga nyawa keluarganya. Siapakah sebenarnya Hitch? Apa yang dia sembunyikan pada keluarganya? Pertanyaan yang bisa ditemukan dalam filmnya.

Jika sudah menonton John Wick akan sangat mudah menemukan plot cerita yang sedikit hampir sama dengan Nobody. Seorang pria yang sedang mencoba mengubur masa lalunya dan terpaksa mengeluarkan sisi tergelapnya karena situasi yang memaksa mereka. Perbedaanya ada pada latar belakang karakternya dan juga tentu saja pemeran utamanya. Dengan plot cerita yang hampir sama Bob Odenkirk lah yang membuat Nobody spesial. Definisi Nobody terasa sangat kuat pada karakternya. Siapapun tidak akan ada yang menyangka bapak-bapak paruh baya ini mempunyai latar belakang yang ditakuti. Dan hasilnya setiap aksi lagi yang divisualkan akan memancing decak kagum.

Untuk plot cerita yang sebenarnya tidak istimewa lagi, Bob Odenkirik adalahnya nyawa dari film ini. Jikapun karakter-karakternya tidak menarik perhatian kamu, porsi actionnya dijamin akan memberi kepuasan tersendiri untuk penikmat film action. Visual action yang memacu adrenalin sekaligus sangat fun, terlebih sequence 15 menit terakhir yang membuat penonton bergidik sekaligus tertawa.

Untuk penimat film-film action laga John Wick, Nobody akan sangat memuaskan. Beberapa plot hole yang ditemukan akan termaafkan karena mampu ditutupi. Sedangkan untuk fans Breaking Bad dan Better Call Saul tentunya melihat Bob Odenkirk yang membintangi film ini sudah cukup menjadi alasan untuk menonton Nobody. Sebuah penampilan dari Bob Odenkirik yang mungkin sangat sulit terulang, kecuali jika dia memutuskan membintangi film ini jika memliliki sequel.


Overall: 8/10


Subscribe to this Blog via Email :