Thursday, May 27, 2021

ULASAN: A QUIET PLACE PART 2




14 bulan jaraknya dari jadwal awal A Quiet Place Part 2 tayang yang diundur karena pandemik. Akhirnya sequel ini mendapatkan masa tayangnya di bioskop mulai tanggal 26 May 2021 di bioskop-bioskop Indonesia. Sebuah penantian cukup lama film yang kembali disutradarai oleh John Kransinski yang juga membintangi film pertama. Untuk film kedua ini Krasinski hanya muncul pada adegan pembuka saja, yang mana karakter utama pria berpindah ke aktor Cillian Murphy yang memerankan karakter baru.

A Quiet Place Part 2 melanjutkan langsung dari ending film pertama. Setelah kematian suaminya, Evelyn Abbot (Emily Blunt) dan ketiga anaknya memutuskan untuk pindah dan mencari tempat baru yang lebih aman. Dalam perjalanan hal yang berbahaya tak bisa dihindari ketika mereka harus berhadapan dengan sang monster yang punya pendengaran tajam. Ketika situasi terdesak mereka diselamatkan oleh Emmet (Cillian Murphy), seorang teman lama Emily dan mendiang suami yang telah lama menyendiri dan merasa putus harapan dalam melanjutkan hidup.

Situasi menjadi makin pelik ketika putri Emily yang tuna rungu Regan Abbot (Millicent Simmonds) pergi tanpa pamit untuk mencari sebuah suaka yang aman dari monster atas dasar petunjuk dari sebuah lagu yang disiarkan lewat frekuensi radio. Dengan memohon, Emily meminta tolong agar Emmet mencari putrinya tersebut dan membawanya kembali. Dan ceritapun berkembang menjadi dua bagian antara Regan dan Emmet dan Emily denga putra dan bayinya. Begitu kira-kira ringkasan plot cerita yang ada pada A Quiet Place Part 2 ini. 

Ada alasan kuat kenapa pihak studio rela merilis film ini di sat venue-venue bioskop sudah kembali buka dengan nornal . Yaitu adalah pengamalan menontonnya. Ya, sama halnya dengan film pertama, A Quiet Place Part 2 kembali memberikan pengalaman sinematik menyaksikan sebuah film lewat layar bioskop. Sesuatu hal yang akan sangat berbeda pengalamannya jika kita menonton film ini pertama kali di layar atau media tv, laptop ataupun HP. Menikmati momen-momen kesunyian namun memacu adrenalin penonton. Pengalaman dari film pertama yang akan kamu dapatkan kembali di sequel ini.

Sementara untuk plot cerita, bagian kedua film ini bisa dikatakan tidak berkembang terlalu jauh. Cerita masih berfokus pada karakter-karakternya untuk bisa selamat. Hal yang sudah ada pada film pertama. Jika kamu masih mencari jawaban dari  pertanyaan-pertanyaan dari mana monster-monster tersebut, apa tujuan mereka di bumi, hal  itu masih tidak kamu dapatkan pada sequel ini. Dengan ending yang masih sangat terbuka sepertinya hal itu akan di eksplorasi pada bagian ketiga nanti.

Secara keseluruhan A Quiet Place Part 2 masih memberikan ketegangan dan memacu adrenalin pada penontonnya. Dan hal itu berhasil, kita belum merasa bosan untuk bagian mengalami momen-momen sunyi penuh ketegangan. Namun pengembangan plot ceritanya yang tidak terlalu jauh dari film pertama justru memunculkan banyak pertanyaan lagi yang tidak terjawab. Sepertinya memang semua informasi itu ditahan untuk film ketiganya nanti.


Overall: 7,5/10



Subscribe to this Blog via Email :