Friday, May 14, 2021

ULASAN: SPIRAL "FROM THE BOOK OF SAW"



Setelah absen selama 4 tahun sejak rilis seri terakhir kali lewat filmnya yang ke-8, tahun ini franchise Saw kembali. Franchise yang populer dan mengangkat nama James Wan sebagai sutradara lewat film pertamanya di tahun 2004. Di film ke-9 ini sendiri bukanlah reboot seperti yang banyak dikira oleh fans dikarenakan judulnya yang tidak memakai angka. Namun bisa disbeut spin-off/sequel karena filmnya sendiri mengambil setting setelah event film ke-8. Dengan sutradara Darren Lynn Bousman yang sebelumnya sudah pernah menyutradarai 3 film Saw ( film ke-2,3 dan 4), Spiral digadang-gadang akan membawa nafas baru pada franchise Jigsaw ini. Terlebih Spiral: From the Book of Saw membawa nama besar pada pemeran utamanya. Ada nama Chris Rock dan Samuel L. Jakcson yang membintangi film seri ke-9 ini. 

Sebuah kecelakaan di lintasan rel kereta api yang diduga awalnya hanya kecelakaan biasa mengungkap jika kejadian itu disengaja dan direncanakan  yang mengubah status kejadian itu menjadi kasus pembunuhan. Detektif  Zeke Banks (Chris Rock) yang pada hari itu juga mendapat partner baru dalam bertugas Detektif William Schenk (Max Minghella) ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut. Tidak butuh waktu lama mengetahui identitas korban pembunuhan tersebut, diketahui jika korban tersebut masih rekan mereka sesama polisi.

Kejadian itu ternyata hanya permulaan menuju pembunuhan-pembunuhan selanjutnya dengan target polisi dan dipastikan tersangka adalah pembunuh serial. Yang membuat kasus ini makin rumit adalah pembunuh serial tersebut menerapkan metode Jigsaw dalam membunuh korban-korbannya. Zeke dan Schenk harus bahu-membahu berpacu dengan waktu untuk menangkap tersangka ketika korban jiwa makin bertambah.Dan situasi bertambah pelik ketika ayah dari Zeke yang juga seorang pensiunan polisi, Marcus Banks (Samuel L. Jackson) juga menghilang. Siapakah pelaku sebenarnya yang meniru Jigsaw ini? Dan apa motif pepmbunuhan tersebut? Dan apa hubungannya dengan ayah Zek yang hanya pensiunan polisi juga ikut menghilang? Jawaban yang diketahui dengan menonton filmnya.

Rentetan respon buruk yang selalu mengikuti sequelnya sejak film pertama tidak terlalu meganggu pihak studio untuk tetap melanjutkan franchise ini. Karena tidak bisa dipungkiri jika pasar untuk film Saw selalu ada. 7 sequel filmnya membuktikan itu. Tapi ketika Spiral: From the Book of  Saw diumumkan dibintangi oleh Chris Rock dan Samuel L. Jackson sebuah asa muncul jim versi terbaru Saw ini akan membawa pendekatan yang berbeda, minimal bisa menyamai bagaiman bagusnya film pertamanya. Ekspteasi hanya tinggal eksptasi. Untuk plot cerita sangat mudah bagi kita yang sudah menonton serie-seri sebelumnya bahwa Spiral memakai pola yang sama dari film kedua sampai ke-8. Yang mebedakan hanya karakter dan motif jadi jika kamu mengharapkan plot cerita yang berbobot karena melihat trailernya yang seperti membawa arah film ini seperti sejenis film-film David Fincher, sebaiknya turunkan eksptasi kamu sejauh mungkin.

Spiral: From the Book of Saw masih memberikan visual yang manjadi ciri khasnya, mengeksploitasi bermacam-maacam jenis penyiksaan kepada korbannya. di tengah plot cerita. Jika memang bagian adegan penyiksaan dalam film-film Saw adalah bagian terfavorit kamu, maka Spiral akan banyak memberikan kamu kepuasan. Tetapi jika kamu salah satu yang mengharapkan ada sesuatu yang baru pada Spiral dibanding seri-seri sebelumnya, maka tidak akan ada yang menejutkan kamu. Bahkan ketika twist pada ending muncul, hal itu tidak akan mengubah posisi kamu yang sdang menopang dagu. Karena lagi-lagi pola seperti itu sudah kamu temui diseri-seri sebelumnya.

Secara keseluruhan Spiral; From the Book of Saw masih sama dengan seri-seri sebelumnya. Tidak ada yang baru. Akan memuaskan bagi penikmat adegan-adegan penyiksaan yang sudah ada sejak film kedua, dan sebaliknya untuk yang berekspetasi mendapatkan plot cerita yang baru atau berbobot. Dan saya termasuk dalam golongan yang kedua.


Overall 5/10

Subscribe to this Blog via Email :