Friday, June 11, 2021

ULASAN: SPIRIT UNTAMED



Tidak terlalu banyak tereskpos ataupun gencar dalam promosinya, Dreamworks merilis sebuah film animasi keluarga Spirit Untamed. Sebuah spin-0ff dari film animasi yang rilis tahun 2002 lalu berjudul Spirit: Stallion of the Chimarron. Film animasi yang bisa berdiri sendiri tanpa perlu menonton versi tahun 2002. Film yang mengetengahkan petualangan 3 sekawan ini disutradarai oleh Elaine Bogan yang merupakan debutnya sebagai sutradara. Lalu untuk pengisi suara ada nama Jake Gyllenhaal, Julianne Moore dan Isabele Merced.

Spirit Untamed bercerita tentang Lucky Presscott seorang piatu yang belum sempat mengenal ibunya karena meninggal kecelakaan dalam sebuah atraksi kuda saat Lucky masih bayi. Lucky yang dirawat oleh kakeknya sampai berumur 10 tahun karena sang ayah yang belum bisa lepas dari masa berduka. Lucky sering membuat masalah yang merepotkan sang kakek. Di saat liburan musim panas Lucky pun dikirim untuk liburan di tempat ayahnya tinggal, ayah yang tidak pernah ditemuinya selama 10 tahun. Dan perjalanan hidup Lucky pun dimulai. Lucky tidak hanya mencoba mendekatkan jarak hubungan dengan ayah yang tidak terlalu dikenalnya, tetapi juga berpetualang dengan dua teman baru Pru dan Abigail dalam misi penyelamatan sekawanan kuda yang akan dibawa untuk dijual dan ditempatkan di penangkaran kuda pekerja. Lucky, Pru dan Abigail tidak hanya menemukan bahaya dalam petualangan mereka tetapi juga menemukan arti sebuaha pertemanan.

Spirit Untamed menyajikan cerita seringan mungkin yang membuatnya ramah untuk segala umur. Karakter-karakter utama 3 anak cilik yang berpetualang akan sangat mudah disukai oleh anak-anak. Hanya saja untuk porsi drama sedikit terpecah antara hubungan Lucky dan Spirit-Lucky dan sang ayah. Plot cerita lebih memfokuskan hubungan antara Lucky dan Spirit yang membuat karakter ayah yang cukup penting hanya dieksplorasi seadanya saja. Namun tetap kadar hiburan dalam film ini masih terasa kental. Terutama pada bagian petualangan Lucky, Pru dan Abigail.

Untuk bagian animasi, jika dibandingkan dengan visual film-film animasi Dreamworks lainnya yang tayang di bioskop seperti Shrek, How to Train Your Dragon, Kungfu Panda dan masih banyak lagi sangat terlihat jelas kualitas Spirit Untamed masih di bawah judul-judul itu. Menonton visual Spirit Untamed seperti melihat serial-serial animasi Dreamworks di layanan tv kabel.

Secara keseluruhan Spirit Untamed memang masih banyak kekurangan. Tetapi cerita yang ringan dan menghibur sangat mudah disukai oleh anak-anak bisa menutupi hal itu 


Overall: 6/10


Subscribe to this Blog via Email :