Friday, December 24, 2021

ULASAN: CLIFFORD THE BIG RED DOG



Clifford the Big Red Dog sebuah film yang diangkat dari buku anak bejudul sama karya Norman Bridwell. Film yang mengetengahkan persahabatan seorang anak dengan anjingnya ini disutradarai oleh Walt Becker (Wild Hogs, Van Wilder) cukup menarik perhatian saat trailernya muncul. Selain temanya memang tentang keluarga, daya tarik filmnya ada pada visual Clifford itu sendiri. Anjing yang sangat besar berwarna merah yang sebelumnya pernah kita lihat lihat lewat film animasi.



Emily (Derby Camp) seorang anak yang bersekolah di salah satu institusi pendidikan elite New York, Emily yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya kerap menjadi sasaran perundungan siswa-siswa lainnya. Segalanya berubah ketika Emily memulai perkenalannya dengan seekor anjing merah yang secara tidak sengaja terbawa dalam tasnya. Sejak itupun pertemanan mereka dimulai dan Emily memberinya dengan nama Clifford. 



Namun ternyata Clifford bukan anjing sembarangan. Dalam semalam, ia berubah menjadi anjing raksasa. Emily dan pamannya, Casey (Jack Whitehall), yang awalnya kesulitan mencoba beradaptasi dengan ukurannya. Namun permasalahan mulai muncul ketika fisik Clifford mulai menarik perhatian dunia luar, terutama  dengan Zac Tieran (Tony Hale), bos perusahaan bioteknologi LyfeGrow. Tieran menginginkan Clifford untuk ia jadikan objek penelitian. Emily dan Casey pun mulia bahu-membahu melindungi Clifford.


Dengan materi adaptasi dari buku anak-anak, film ini disampaikan dengan seringan mungkin. Mulai dari dialog-dialog ataupun plot cerita dinarasikan tanpa memunculkan pertanyaan sekalipun. Kalaupun ada yang bisa menjadi pembahasan adalah isu bullying yang sempat disempat disinggung dalam film ini. namun itupun tidak terlalu kentara. Karena fokus film ini ada pada persahabatan Emily dan Clifford. Jack Whitehall yang mengisi bagian sisi komedi juga mampu mengundang banyak tawa, terutama pada porsi bagaimana karakternya berinteraksi dengan Clifford. Dengan visual Clifford yang keseluruhan film memamakai efek CGI tentunya hal ini membutuhkan effort tersendiri untuk para pemain  dalam berakting.


Secara keseluruhan untuk kamu yang sudah kenyang dengan film segala tema cerita, Clifford the Big Red Dog` mungkin tidak memberikan sesuatu yang istimewa dalam penyajian cerita. Karena yang dituju oleh film ini memang anak-anak. Jadi menontonnya dengan anak-anak atau adik-adik cara terbaik agar bisa menikmati film ini. Mengingatkan pada film-film keluarga yang kita tonton di masa liburan diyang tayang di tv swasta.

Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :