Monday, December 20, 2021

ULASAN: RADIOACTIVE






Sebanyak apa yang saya tahu mengenai Marie Curie? Jujur, sebagian besar informasi yang saya tahu mengenai Marie Curie bukan berasal dari buku pelajaran, namun dari sitkom The Big Bang Theory. Nama Marie Curie cukup sering disinggung oleh salah satu karakter utamanya serial itu. Dari sana saya tahu jikalau Marie Curie seorang penemu yang juga sempat memenangkan nobel. Lalu sekarang hadir film biopiknya yang dibintangi oleh aktris yang tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya yaitu Rosamund Pike dengan sutradara Marjane Satrapi (The Voices, Persepolis) dan naskahnya ditulis oleh Jack Thorne (Enola Holmes,Wonder)


Radioactive sendiri adalah biopik Marie Curie yang diadaptasi dari grafik novel Radioactive: Marie & Pierre Curie: A Tale of Love and Fallout karya Lauren Redniss. Dalam film ini kita akan mengikuti perjalanan hidup seorang Marie Curie yang tidak hanya dalam karier, namun juga sebagai istri dan ibu. Untuk film ini yang paling disorot adalah karier dari Marie Curie. 


Mempunyai bakat sebagai orang pintar dan jenius ternyata belum banyak cukup membantu Marie. Semua hal itu atas dasar karena dia wanita dan sering diremehkan oleh relasi-relasi sejawatnya. Sangat terlihat bagaimana plot dalam cerita mengarahkan diskriminasi terhadap wanita itu, terlebih saat marie Curie kesulitan mendapatkan tempat praktek. Lalu perkenalannya dengan Piere Curie membawa penonton pada tranformasi karakternya yang cukup sinis dan defensif pada pria menjadi berubah dan Rosamund Pike memerankan itu dengan sangat maksimal. Ekplorasi karakter yang dilakukan Rosamund Pike dengan karakter Marie adalah sajian terkuat dalam film ini.


Namun sayangnya, penampilan yang kuat tidak hanya dari Rosamud Pike, tetapi juga karakter-karakter pembantu lainnya tidak berjalan berbarengan dengan penyajian cerita. Alur cerita yang tidak ada fase naik-turun mungkin akan sedikit membuat kita menguap. Hal itu ditambah dengan informasi-informasi mengenai fisika atau kimia disampaikan membuat kening berkerut untuk kita penonton awam. Naskahnya tidak luwes akan hal penyampaian informasi itu. Bandingkan dengan The Imitation Game, yang juga sama-sama biopik Alan Turing, seorang matematikawan yang tidak hanya bisa membuat alur cerita yang menarik juga informasi-informasi mengenai teknis, rumus dan segala hal berhubungan dengan matematika dapat diserap dengan baik oleh penonton.


Radioactive sebuah sajian biopik yang memberikan penampilan akting yang luar biasa pada pemain-pemainnya. Namun butuh usaha kerasa untuk bisa fokus pada alur ceritanya. Terlebih untuk penonton yang tidak terbiasa dengan alur cerita yang sangat lambat. Sementara untuk penonton yang memang sangat menyukai kimia dan fisika, film ini mungkin akan menjadi film terfavorit yang kamu tonton tahun ini.

Overall: 6,5/10

Subscribe to this Blog via Email :