Saturday, January 1, 2022

ULASAN: SING 2



Universal Pictures dengan rumah produksi animasinya Illumination yang sudah hadir sejak tahun 2010 lewat debut Despcable Me bisa dibilang cukup berhasil meramaikan peta persaingan film-film animasi box offixe di holyywood. Setidaknya sampai saat ini sudah terlahir 3 franchise yang sedang berjalan. Selain Despocable Me yang sudah disebutkan di atas ada The Secret Life of Pets dan Sing. Dan untuk kali ini ada Sing yang kembali unjuk gigi setelah kesuksesan film pertamanya tahun 2016 lalu. Masih diisi dengan pengisi suara bintang-bintang kelas -A seperti Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Taron Egerton, lalu yang baru ikut bergabung pada sequel kali ini ada Scarlett Johansson dan Bono.

Melanjutkan setelah 2 tahun kejadian yang ada pada film pertama, Buster Moon (Matthew McConaughey) yang sudah memiliki teather musikal sendiri dengan tim yang sangat loyal padanya ingin mencapai raihan lebih tinggi lagi. Namun sayang ternyata itu belum cukup di mata kritikus yang menganggap tim musikal yang dipimpin Buster Moon merupakan tim yang bagus, namun belum luar biasa. Termotivasi akan hal itu Buster Moon dan tim pun hijrah ke kota Redshore di mana tempat yang akan lebih mejanjikan menunggu. Namun hal tentu tak mudah, setelah terjebak dengan perkataanya sendiri bahwa dalam timnya akan ada Clay Caloway (Bono), penyanyi terkenal yang sudah vakum selama 15 tahun, Buster Moon juga harus menghadapi atasan barunya berbahaya Jimmy Crystal (Bobby Cannavale)

Illumination sepertinya ingin konsisten dengan film animasinya yang sangat ringan dan sangat menekankan pada sisi hiburan terutama pada unsur komedi. Untuk sequel yang satu ini hal itu akan kamu dapatkan kembali. Hampir semua adegan-adegan komedi yang disajikan dalam film ini berhasil membuat penonton tertawa. Dan semua hal itu dipadukan dengan lagu-lagu yang mengiringi narasi cerita. Lagu-lagu yang tidak hanya hadir sebagai soundtrack, namun juga menjadi bagian elemen-elemen plot cerita. Semua hal itu memang sudah ada di film pertama, tetapi pada film kedua porsinya makin ditambah yang alih-alih membuat penonton jenuh, malah membuat kita makin menikmati plot cerita. Satu-satunya yang membuat kamu tidak bisa menikmati film ini ya jika tidak menyukai musik itu sendiri. 

Sementara dari visual-pun makin memanjakan mata. Peningkatan pesat makin terlihat pada kualitas animasi Illumination. Bisa dilihat dari visual karakter-karakter terutama pada karakter Clay Caloway yang bagaimana detail bulu-bulu seekor singa sangat terlihat halus. Sangat mengingatkan dengan animasi-animasi Pixar yang berarti bahwa perbedaan untuk kualitas visual antar rumah produksi animasi hollywood sudah makin tipis.

Sing 2 hadir masih dengan energi seperti film pertama. Lebih banyak tawa dan hati di sequel ini. Sebuah film yang lebih jauh mendapatkan emosinya ketika  ditonton di bioskop. Menonton film ini akan membuat kamu tidak sadar menggoyang-goyangkan kaki atau sekadar mengetuk-ngetukan jari karena terbawa irama lagu-lagunya. Buat saya sendiri jauh lebih menikmati sequel ini dari pada film pertamanya.

Overall: 8,5/10

Subscribe to this Blog via Email :