Thursday, March 3, 2022

ULASAN: THE BATMAN





Untuk memerankan sesosok bocah kelelawar dari Gotham, Robert Pattinson jelas punya beban berat. Setelah Ben Affleck yang tidak banyak diberi kesempatan oleh studio, RobPatz, sapaan untuk aktor tersebut menjadi hal yang harus diperhatikan, apalagi film The Batman kali ini adalah film solo. Namun ternyata, dengan durasi film 2 jam 56 menit, RobPatz sukses menampilkan sosok Batman dengan aksi vigilantenya dan menjadi lambang rasa takut di kota Gotham yang kelam.



The Batman dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Batman, Zoe Kravitz sebagai Selina Kyle atau Cat Woman, serta Andi Serkis sebagai Alfred dengan Collin Farrel, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro dan Barry Keoghan sebagai pemeran pendukung. Film ini disutradarai oleh Matt Reeves yang lebih dulu sukses dengan Cloverfield (2008) dan Planet of The Apes (2014). 



Dikisahkan, Batman sedang mengintai kota di malam Halloween, dengan vandalisme yang terjadi di Gotham, lambang Batman yang ditayangkan ke langit sudah membuat beberapa penjahat takut, mereka seperti merasa selalu diawasi oleh vengeance, sebutan untuk Batman. Pada malam tersebut juga, calon walikota Gotham mati terbunuh dengan mengenaskan, seluruh wajahnya dilakban dan ditulis dengan spidol merah : no more lies. Batman yang akrab dengan Jim Gordon (Jeffrey Wright) diajak ke TKP untuk melihat petunjuk kasus pembunuhan, membuat beberapa polisi yang lain marah, termasuk kepala polisi. Tapi ternyata, pembunuh tersebut memang menginginkan Batman berada di TKP karena ia selalu meninggalkan surat TO THE BATMAN yang berisi teka-teki. Dengan keji, pembunuh terus membunuh beberapa orang penting di Gotham. Penelusuran untuk menangkap The Riddler membawa Batman bertemu Seline (Zoe Kravitz), Falcone (John Turturro), serta Penguin (Collin Farrel).

 

Untuk film solo dengan durasi hampir 3 jam, Batman terasa pas dengan cerita yang padat, tidak ada scene yang membosankan, malahan penonton seperti dipaksa harus duduk diam dan menikmati Batman menelusuri Gotham untuk menemukan The Riddler. Gotham yang kelam juga ikut memberikan rasa frustrasi, vandalisme yang terjadi di fasilitas kota, kereta bawah tanah yang menyeramkan serta banyaknya penjahat yang berkeliaran. Dengan tone film yang gelap, The Batman sukses memberikan campuran antara The Dark Knight (2008) dan Joker (2019).



Hubungan antara Batman dan Cat juga tidak di plot romantis, namun ke hubungan ke saling membutuhkan. Mereka punya tujuan yang sama, untuk menemukan dalang dibalik pembunuhan di kota. Jim, tetap menjadi polisi yang mendukung Batman dengan aksinya, entah kenapa, mereka benar-benar terlihat seperti teman yang sangat akrab walaupun keduanya tidak saling memperlihatkan, beberapa kali para polisi menyebut mereka sahabat. Dan terakhir, hubungan Alfred dan Bruce, tidak seperti film Batman yang sebelumnya dengan Alfred-Bruce yang terlihat seperti ayah-anak, disini Bruce begitu dingin ke Alfred, luka karena ditinggal ayah-ibunya belum sembuh. Namun, sang sutradara tidak luput untuk memfokuskan development hubungan mereka sehingga ada adegan percakapan mereka yang membuat hati hangat di film yang kelam ini.

 

Setelah memuji penampilan Robert Pattinson yang berhasil menghidupkan Batman dari era Christian Bale, sepertinya bukan hal yang berlebihan untuk memuji The Riddler yang diperankan oleh Paul Dano. Penampilannya sebagai villain sangat patut diacungi jempol, bagaimana tidak? Kegilaannya serta tujuan dari glorious purpose untuk unmasked the truth para petinggi Gotham benar-benar membuat tercengang. Nggak Cuma sekedar membunuh, The Riddler membuat pusing baik Batman dan para polisi, dengan meninggalkan banyak teka-teki dan kode untuk dipecahkan.



Overall, film The Batman sukses dan membawa nostalgia dari era The Dark Knight. Kelam, mencengangkan, menakutkan namun sama sekali tidak membosankan. Seluruh aspek dalam film ini dari plot, aktor sampai soundtrack benar-benar pas dan cocok. 3 jam waktumu sangat worth it untuk dihabiskan bersama Batman! Melihat bagaimana sesosok vigilante dengan otak Sherlock Holmes untuk mengungkap kasus. Film ini juga menjadi pembuka untuk sekuel selanjutnya yang sudah dikonfirmasi oleh Matt Reeves! Selamat menonton.

Overall: 9/10

(By Vanda Deosar)












Subscribe to this Blog via Email :