Monday, May 16, 2022

ULASAN: MEMORY




Entah apa yang dikosumsi atau treatmen yang dilakukan oleh Liam Neeson. Di usianya yang sudah menginjak 69 tahun, aktor peraih piala oscars ini masih mengambil peran-peran dalam film action. Sepertinya para produser-produser hollywood tidak bisa melepaskan branding Liam Nesson dari film Taken. Sebagian besar film-film action tersebut hanya berakhir sebatas tayang saja yang gampang dilupakan. Saking seringnya membintangi film minor seperti itu, Liam Neeson bisa disetarakan dengan Nicolas Cage. Dan sekarang Liam Neeson hadir dengan film tebarunya berjudul Memory. Film remake dari Belgia berjudul The Alzheimer Case (2003). Film remake yang juga dibintangi oleh Guy Pearce dan Monica Bellucci. Lalu ada nama Martin Campbell (Casino Royale, Golden Eye) seabagai sutradaranya.



Alex Lewis (Liam Neeson) Seorang pembunuh bayaran,  menemukan bahwa dia menjadi target setelah menolak untuk menyelesaikan pekerjaan untuk organisasi kriminal berbahaya. Kosekuensi  dikejar rasa bersalah membawa Alex harus dengan cepat memburu dan membunuh orang-orang yang mempekerjakannya sebelum mereka dan agen FBI Vincent Serra (Guy Pearce) menangkapnya terlebih dahulu. Tapi Alex memiliki masalah lain, yaitu memori ingatan dirinya yang mulai terganggu, dia terpaksa mempertanyakan setiap tindakannya, mengaburkan batas antara benar dan salah.


Film yang berdurasi kurang dari dua jam ini mempunyai tempo cerita yang cukup lambat. Pengenalan karakternya silih berganti dari karakter sentral yang diperankan oleh Liam Neeson seorang pembunuh bayaran yang ingin pensiun dan mempunyai masalah dengan ngatan. Guy Pearce, agen FBI yang terobsesi memecahkan kasus perdagangan manusia yang sudah lama belum terpecahkan, dan Monica Bellucci  seorang ibu yang mehalalkan segala acara untuk melindungi anaknya yang seorang pedofil. Ketiga karakter ini bertemu dalam satu pusaran yang sama. 40 menit pertama tempo yang cukup lambat masih bisa cukup menikmatinya, namun setelah itu rasa jenuh akan muncul. Jika kamu mengharapkan film ini penuh action seperti film Taken, maka kamu harus sedikit mengelus dada. Tapi untungnya setiap sequence actionnya muncul mampu memberikan sesuatu yang intens pada penonton di bioskop. Momen sequence terbaik ada pada baku tembak Alex Lewis di basement parkir memakai pistol peredam suara.


Tidak ada yang terlalu spesial dari plot cerita berbending terbaik dengan peforma cast dalam film ini. Martin Campbell dapat memaksimalkan pada sisi ini. Mulai dari Liam Neeson, Guy Pearce dan Monica Bellucci mengeluarkan performa terbaik dalam mmerankan karakternya masing-masing. Tidak sebatas para pemain utama, pemeran pembantupun juga mampu mengisi porsinya dan bahkan cukup mencuri perhatian seperti karakter Hugo Marquez yang diperankan oleh Harold Torres yang karakternya sangat mengingatkan dengan karakter Sersan Dignam di film The Departed yang diperankan Mark Wahlberg.


Secara keseluruhan Memory memang bukanlah film action terbaik Liam Neeson yang pernah kita tonton. Tidak istimewa dalam plot cerita namun peforma para cast yang menonjol cukup mampu membuat kita betah dan bertahan sampai akhir film.

Overall: 6/10

Subscribe to this Blog via Email :