Thursday, June 30, 2022

ULASAN: MINIONS 'RISE OF GRU'


Siapa sih yang tidak tahu dengan Minions? Sejak kemunculuan mereka pertama kali dalam film Despicable Me (2010) dan sejak itu kepopuleran mereka sudah mengambil tempat tersendiri dalam perkembangan pop culture. Dan memang menunggu waktu saja mereka punya film sendiri dan tahun 2015 Minions punya film yang terpisah dari Despicable Me. Berselang 7 tahun dari film pertamanya Minions sekarang kembali lagi. Jika pada film pertama kita bisa melihat dari mana asal-usul mereka, maka pada film kedua ini kita akan melihat bagaimana pertemuan mereka pertama kali dengan majikan kesayangan mereka yaitu Gru. Dengan sutradara Kyle Balda yang sudah menyutradarai Despicable Me 3 (2017) dan Minions pertama (2015), sequel ini diisi dengan deretan nama-nama populer. Selain Steve Carell yang juga mengisi suara Gru kecil, ada nama Taraji P. Henson, Jean-Claude Van Damme, Dolph Lundgren, Lucy Lawless, Danny Trejo, Michelle Yeoh, Russel Brand, Julie Andrews dan Alan Arkin.

Dengan setting tahun 1970an beberapa tahun setelah ending film pertama, Gru (Steve Carell) anak kecil berusia 12 tahun yang bermimpi bergabung dengan Vicious 6, sekelompok penjahat super dunia. Pada prolognya 5 anggota Vicious 6 ini mengkhianati pendirinya  Wild Knuckles (Alan Arkin). Lalu Gru yang tidak mengetahui kejadian sebenarnya sangat gembira ketika Vicious 6 membuka lowoangan untuk mengsisi kekosangan anggota ke-6. Gru menyusun rencana untuk menjadi cukup jahat untuk bergabung dengan Vicious 6. Namun semuanya tidak berjalan sesuai rencana, merasa dipermalukan Gru mencuri batu berharga Zodiak Stone dari Vicious 6. Dalam pelarian, Gru menemukan Wild Knuckles masih hidup. Gru bersama Minions dan Wild Knuckles harus melawan Vicious 6 untuk perebutan Zodiak Stone. Premis yang cukup kompleks memang, namun seperti yang kita tahu film ini akan jauh dari kompleks dan justru sebaliknya.


Film yang berdurasi 88 menit ini tidak berlama-lama membangun set-up plotnya, adegan demi adegan akan berganti dengan cepat. Tidak butuh waktu berlama-lama pula kita akan mengenali karakter-karakter baru dalam film ini terutama dari para anggota Vicious 6. Namun dalam porsi yang sangat sebentar itu masih ada beberapa karakter yang mencuri perhatian seperti Nunchuck (Lucy Lawles), seorang biarawati  yang mempunyai kekuatan dengan berdoa untuk membunuh. Saya sangat tertarik dari mana inspirasi karakter ini tercipta. Lalu dari karakter minions kali ini tidak saja Kevin, Stuart dan Bob yang mendapat porsi. Ada Otto dengan kecerobohannya akan memncing tawa. Bahkan Otto mendapat porsi plot tersendiri dalam narasi cerita. Salah satu pembeda dari yang pertama yang cukup segar yang berasal dari dua karakter itu.


Dengan alur generik seperti seri-seri film Despicbale Me sebelumnya, penonton akan disuguhi adegan apapun yang memperlihatkan tingkah laku minions maka dipastikan itu juga akan memancing tawa penonton. Sebuah pola yang masih bertahan dari franchise ini dan kita sebagai penonton masih saja bisa tertawa. Memang, sejak Depicable Me pertama tidak ada lagi seri franchise ini yang bisa memberikan sentuhan emosional yang kuat, termasuk pada seri ini. Namun seri ini terasa jauh lebih baik dibandingkan yang pertama. Sebuah origin yang kita butuhkan bagaimana Minions sangat loyal kepada Gru, begitu juga sebaliknya.

Overall: 7/10

(By Senandika Dalu)

Subscribe to this Blog via Email :